Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Batu Nyapau Latih Masyarakat Budi Daya Ikan Patin dan Lele Jumbo

  • Oleh Riska Yulyana
  • 06 Oktober 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemerintah Desa Batu Nyapau, Kecamatan Tewah, bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melakukan pemberdayaan masyarakat untuk ketahanan pangan dan hewani, salah satunya melalui kegiatan pelatihan budi daya ikan patin dan lele jumbo.

"Kegiatan pelatihan budi daya ikan patin dan lele jumbo tersebut telah dilaksanakan pada Selasa, 4 Oktober 2022 di aula kantor Desa Batu Nyapau," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Batu Nyapau Jon Prinedi, Kamis, 6 Oktober 2022.

Dia melanjutkan, kegiatan pelatihan itu ditujukan untuk menyukseskan program pemerintah, mewujudkan ketahanan pangan di desa dan meningkatkan pereknomian masyarakat setempat.

Dengan adanya pelatihan ini, dia berharap bisa meningkatkan wawasan masyarakat terkait budidaya ikan patin dan lele jumbo yang baik dan benar. Dengan begitu, nantinya masyarakat khususnya warga di Desa Batu Nyapau bisa mempraktekkan di lingkungan masing-masing.

"Diharapkan kegiatan ini bisa berhasil sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Desa Batu Nyapau," terangnya.

Pelatihan itu diikuti oleh puluhan kepala keluarga atau persisnya berjumlah 22 tergabung dalam kelompok budi daya ikan patin dan lele jumbo. "Untuk materi pelatihan disampaikan dari pihak Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunung Mas," jelasnya.

Seusai pemberian bantuan bibit ikan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan kelompok budi daya ikan patin dan lele jumbo tersebut terkait perkembangan budi daya yang dilakukan.

Dia berharap, masyarakat khususnya kelompok budi daya ikan patin dan lele jumbo bisa mengomunikasikan dengan pihaknya jika ada kendala dalam proses pembudidayaannya. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru