Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nakes Diminta Miliki Keterampilan Memadai

  • Oleh Asprianta
  • 07 Oktober 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau  - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang meminta tenaga kesehatan (Nakes) harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sebelum terjun ke masyarakat.

Dengan demikian diharapkan, tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan bupati dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten II, Setda Pulang Pisau Hj Deni Widanarni pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-71 Ikatan Bidan Indonesia, belum lama ini.

"Diharapkan para tenaga kesehatan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sebelum terjun ke masyarakat," ucap Hj Deni saat membacakan sambutan Bupati Pulang Pisau. 

Asisten II itu mengatakan saat ini kepercayaan masyarakat dan pemerintah terhadap IBI dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak sangat lah tinggi. 

Oleh sebab itu sebagai tanggung jawab profesionalnya, bidan juga harus berjuang untuk meningkatkan kualitas anggota baik melalui pelatihan maupun pendidikan formal.

“Perlu kita ketahui dan sadari bahwa akhir akhir ini banyak dirasakan keluhan masyarakat baik di media elektronik maupun cetak. Kita pahami semua ini tidak lepas dari bagaimana proses pendidikan yang dijalani,” kata Deni.

Ia menambahkan, IBI sebagai wadah organisasi profesi mempunyai posisi penting dan strategi dalam penurunan angka kematian ibu dan kematian anak khususnya, saat ini juga berperan penting bekerja sama dengan keluarga sebagai bagian masyarakat untuk menurunkan kejadian stunting pada balita.

“Yakni melalui pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan paripurna, berfokus pada aspek pencegahan dan promosi kesehatan berlandaskan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat,” tandasnya. (ang)

Berita Terbaru