Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyaluran Dana Insentif Daerah Harus Tepat Sasaran

  • Oleh Hendri
  • 07 Oktober 2022 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengingatkan kepada Camat, Lurah maupun kepala dinas yang melakukan penyaluran Dana Insentif Daerah (DID) agar memastikan bantuan itu diterima oleh masyarakat yang membutuhkan.

"Datanya harus aktual, jangan data lama yang kemudian penerima bantuan sudah tidak membutuhkan lagi. Kapan perlu lakukan pengecekan langsung sesuai alamat calon penerima supaya sasarannya tepat," katanya, Jumat, 7 Oktober 202

Dia mengatakan bahwa tujuan utama dari bantuan sosial adalah untuk mengurangi risiko sosial yang terjadi di masyarakat dan meningkatkan daya beli masyarakat. Namun jika tidak tepat sasaran maka tujuan dari penggunaan anggaran itu tidak tercapai.

"Mekanisme penyampaiannya dibuat lebih sederhana, pencairannya dilakukan secara transparan dan akuntabilitasnya juga harus terjaga," ungkapnya.

Dana insentif daerah ini merupakan bantuan yang diberikan dengan sumber dananya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk program perlindungan jaminan sosial. Masing-masing penerima mendapatkan uang tunai sebesar Rp250 ribu.

Kriteria penerima DID ini yaitu bukan penerima bansos yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) seperti PKH, BPNT dan BST. Selain itu penerima bantuan ini juga bukan merupakan seorang ASN, TNI/POLRI, BUMN/BUMD dan pensiunan.

"Bantuan DID diutamakan bagi masyarakat yang belum pernah menerima bantuan sosial sama sekali, sehingga diharapkan bantuan dapat menyeluruh kepada yang membutuhkan," pungkasnya. (HENDRI/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru