Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kobar Akan Salurkan Kendaraan Roda Tiga Pengangkut Sampah Aspirasi dari DPR RI

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 Oktober 2022 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), terus berupaya meningkatkan pengelolaan sampah di masyarakat. Salah satunya, dengan menyalurkan bantuan alat pengangkut sampah ke sejumlah kelompok pengelola sampah di desa dan kelurahan.

Kepala DLH Kobar Fitriyana melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) Muhamad Suhendra menyampaikan, dalam waktu dekat, pihaknya akan menyalurkan bantuan kendaraan pengangkut sampah roda tiga, aspirasi dari Anggota DPR RI Bambang Purwanto kepada masyarakat.

"Penyerahannya masih nunggu waktu pak Bambang yang jelas dalam waktu dekat ini. Tentu kendaraan pengangkut sampah ini untuk meningkatkan pengelolaan sampah di masyarakat Kobar," kata Suhendra, Selasa, 11 Oktober 2022.

Dia melanjutkan, tiga unit kendaraan pengangkut sampah roda tiga ini rencananya akan diserahkan kepada Kelompok Pengelola Sampah Desa Pasir Panjang, Kelompok Pengelola Sampah Kelurahan Kumai Hulu dan Persatuan Wanita Dusun Makarti Jaya, Desa Riam Durian.

"Alhmdulillah, pak Bambang ini beliau termasuk anggota dewan yang sangat pro aktif dan peduli memperhatikan keperluan masyarakat," ungkapnya.

Ia menambahkan, selama ia menjabat sebagai Kabid PSLB3, aspirasi dari DPR RI Bambang Purwanto untuk pengelolaan sampah yang ia ketahui ada dua kali penyerahan kendaraan roda tiga, yaitu 2021 ada 4 unit dan 2022 ada 3 unit, sehingga totalnya 7 unit.

Suhendra berharap, dengan adanya bantuan kendaraan pengangkut sampah tersebut, dapat meningkatkan pengelolaan sampah di masyarakat.

Diakui, bahwa untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan adalah hal yang cukup menantang, maka itu dibutuhkan pendekatan persuasif, kekeluargaan dan teladan utamanya dari aparatur pemerintahan.

"Beri masyarakat contoh yang baik dari mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan temapat tinggal, dan lingkungan kerja kita semua. Kecamatan, kelurahan, dan desa harus memberi contoh dan teladan yang baik," tuturnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru