Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Tingkatkan Kapasitas SDM Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Oktober 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Kapuas melakukan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang mumpuni, terutama dalam pemanfaatan teknologi. 

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan dalam memanfaatkan teknologi, sarana dan prasarana PTM di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kota Kuala Kapuas ini diikuti 26 peserta yang mewakili puskesmas masing-masing.

Plt Kepala Dinkes Kapuas dr Tonun Irawaty mengatakan kegiatan ini melakukan transformasi digital perbaikan data dan sistem, sistem terintegrasi (Simplifikasi penginputan data), duplikasi penginputan data.

"Menggunakan Single Identity (EMR), bersifat interoperable (aplikasi yang bisa berinteraksi dengan aplikasi lainnya) dan measurables (terukur dan mudah dipantau) dengan data yang akurat," katanya, Selasa, 11 Oktober 2022.

Dengan begitu, lanjut dia, dapat dijadikan bahan untuk menguatkan promosi kesehatan, sehingga fungsi promotif dan preventif pada puskesmas dapat berjalan lebih maksimal dan pelayanan kesehatan juga dapat dilakukan lebih cepat, efektif, efisien dan accountable.

"Harapannya para peserta dapat mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas SDM ini dengan baik," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru