Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilik Hewan Kesayangan di Palangka Raya Diminta Bijaksana

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Oktober 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Puskeswan atau Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan Kota Palangka Raya, dr Eko Hari Yuwono, berharap agar masyarakat Kota Cantik yang menjadi pemilik dari hewan-hewan kesayangan dapat bersikap bijaksana.

"Masyarakat yang memiliki hewan kesayangan kami minta dan harapkan untuk lebih bijaksana dalam hal memperhatikan kesehatan dan memelihara hewan kesayangannya baik kucing, anjing, kera dan sebagainya," kata drh Eko Hari pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Ia berharap, masyarakat dapat menjadi tuan dan pemilik hewan peliharaan yang bijaksana. "Salah satunya adalah mengantar atau melaporkan pelayanan vaksinasi kepada pemangku kepentingan terkait," tegasnya.

Ini harus dilakukan menurutnya untuk menekan dan mengendalikan sejauh mungkin, virus rabies yang bisa disebarkan oleh hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera.

"Rabies merupakan penyakit yang bisa menular kepada hewan lainnya hingga manusia sehingga perlu perhatian lebih bagi mereka pemilik hewan peliharaan," jelasnya.

Maka dari itu, menurut Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalteng ini, yang paling penting dan utama ialah tanggung jawab dari masyarakat untuk memelihara HPR itu harus bijak.

"Masyarakat kalau memelihara HPR itu ya bijak. Kalau mampunya hanya 1 atau 2 ekor ya sudah segitu saja, bagaimana kontrol populasinya untuk tidak dikawinkan misalnya steril dan sebagainya," tuturnya lagi.

Hal ini menurutnya akan mampu menekan populasi sehingga tidak banyak lagi hewan yang terlantar lantaran dibuang pemiliknya.

"Dan memang di Kota Palangka Raya saat ini sudah banyak masyarakat yang peduli terhadap hewan anjing maupun kucing melalui dog rescue, cat rescue seperti itu sudah banyak membantu Pemerintah Kota juga dan membantu hewan-hewan yang terlantar. Namun itupun populasi HPR dan jumlah pecinta hewan tidak sebanding, makanya harus ada tanggung jawab juga dari masyarakat pemelihara HPR," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru