Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sumbatan Drainase Dalam Kota Dikeruk untuk Minimalisasi Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Oktober 2022 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), membuat Dinas PUPR Kobar melakukan pengerukan drainase di sejumlah kelurahan dalam kota Pangkalan Bun, guna meminimalisir terjadinya banjir.

Kepala Dinas PUPR Kobar Hasyim Mualim mengatakan, keluhan mengenai pendangkalan drainase di dalam kota dalam beberapa Minggu terakhir meningkat. Terbukti dari banyaknya warga yang mengeluhkan air meluap dari drainase ke badan jalan saat hujan dengan intensitas tinggi.

Maka adanya keluhan tersebut, langsung di respon dengan mengerahkan tim untuk perawatan saluran drainase, sehingga saluran drainase kembali lancar dan tak ada sumbatan yang bisa menyebabkan banjir.

"Kita sudah turunkan tim untuk membuka drainase yang babyak tersumbat. Baik itu mengerahkan pasukan maupun dengan alat berat. Supaya saluran drainase kembali lancar," kata Hasyim Mualim, Rabu, 12 Oktober 2022.

Menurutnya banyaknya saluran drainase di kawasan padat penduduk memang menjadi salah satu prioritas sehingga air meluber saat hujan deras dapat diatasi.

"Kita tahu sejumlah kelurahan dalam kota Pangkalan Bun sering banjir.. Maka titik resapan banjir kita utamakan perawatan drainase," ungkapnya.

Dalam perawatan drainase, pihaknya juga dibantu para relawan hingga warga. Hal ini tenti sangat bagus ada gayung bersambut dari pemerintah dan warga, untuk ikut bersama menangani lingkungan agar bersih dan bebas banjir.

"Seperti ini kita lakukan di Kelurahan Madurejo, Sidorejo dan Kelurahan Mendawai yang sedang ditangani tim bersama warga. Mereka uatamnya mengeruk sumbatan di drainase berupa sampah plastik maupun lumpur," bebernya.

Harapanya setelah dilakukan perawatan maka banjir dalam kota dapat di minimalisasi, karena intensitas hujan belakangan masih tinggi dan potensi banjir juga ada. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru