Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

APBD Murung Raya 2023 Rp1,9 Triliun

  • Oleh Trisno
  • 14 Oktober 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Terjawab sudah keresahan selama beberapa tahun terakhir atas upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) untuk merealisasikan program dan kegiatan pembangunan di segala bidang yang juga menjadi kerinduan masyarakat di Kota yang bersemboyan Mura EMAS, APBD Murung Raya meningkat signifikan.

Bukti ini terjawab setelah terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 82 tahun 2022, Peraturan Menteri Keuangan terbaru yang menyatakan bahwa Kabupaten Murung Raya (Mura) mendapat dana transfer dan Dana Alokasi Umum (DAU) bertambah kurang lebih Rp 700 miliar.

“Sehingga proyeksi APBD Murung Raya Tahun Anggaran 2023 yang akan datang berkisar Rp 1,9 Triliun,” kata Wakil Ketua II DPRD Mura Rahmanto Muhidin saat di bincangi wartawan di ruang kerjanya usai Rapat Paripurna, belum lama ini.

Rahmanto sebelumnya menjelaskan bahwa sebenarnya beberapa waktu yang lalu DPRD telah sepakat dalam Rapat Paripurna sebelumnya KUA-PPAS untuk TA 2023 yang di tetapkan hanya Rp 1,2 Triliun.

“Menarik, peningkatan signifikan ini menjadi jawaban atas upaya pemerintah daerah bersama DPRD membangun daerah kita kedepan,” jelas legislator PKB ini lagi.

Menurutnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab meningkatnya proyeksi APBD Mura TA 2023 yang akan datang, diantaranya adalah merupakan program dari pemerintah pusat yang beberapa tahun terakhir ini mendorong dan memacu sekaligus memfasilitasi seluruh perizinan investasi yang ada di Indonesia.

“Salah satunya perizinan tentang tambang batubara, seperti kita ketahui bersama Bapak Presiden RI melalui jajarannya sajak beberapa tahun terakhir sangat konsen terhadap perizinan tambang ini dan terus memacu para investor untuk terus bergerak dan meningkatkan produksinya,” papar Rahmanto.

“Tahun 2021 lalu kita masih ingat Presiden RI Joko Widodo tegas mencabut 1.600 izin tambang yang ada di Indonesia termasuk yang ada di Murung Raya,” ujarnya lagi.

Sehingga hasilnya dapat kita rasakan saat ini bahwa setiap kabupaten yang menjadi penghasil tambang APBD nya tahun 2023 rata-rata meningkat cukup signifikan.

“Secara nasional upaya pemerintah pusat berhasil melakukan pemulihan perekonomian kita,” lanjutnya.

Rahmanto juga menegaskan bahwa keberhasilan pemerintah pusat ini tentu tidak lepas dari peran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya bersama seluruh masyarakatnya dalam menjaga kondusifitas daerah yang berdampak kepada tren positif menarik investor untuk berinvestasi.

“Peran Bupati kita Drs Perdie M Yoseph MA dan jajaran bersama DPRD dan terkhusus seluruh masyarakat kita yang mendukung masuknya investasi di Mura,” tegasnya. (Trs)

Berita Terbaru