Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Gunung Mas akan Lakukan Verifikasi Faktual 6 Parpol

  • Oleh Riska Yulyana
  • 16 Oktober 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Ada enam Partai Politik (parpol) calon peserta pemilu 2024 di Kabupaten Gunung Mas yang akan dilakukan verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 

"Secara nasional ada sembilan parpol yang dilakukan verifikasi faktual, namun dari kesembilan parpol tersebut di Kabupaten Gunung Mas hanya ada enam Parpol," ujar Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggara Elfrinst G Tumon, Minggu, 16 Oktober 2022.

Enam parpol tersebut yakni Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia. 

Elfrinst melanjutkan, ada dua jenis verifikasi faktual yang akan dilakukan. Pertama, verifikasi faktual kepengurusan dan kedua keanggotaan. Untuk verifikasi faktual kepengurusan akan dilakukan pada 16-17 Oktober 2022, sedangkan verifikasi faktual keanggotaan mulai tanggal 18 Oktober hingga 4 November 2022.

"Ketika verifikasi faktual kepengurusan, kami akan mengecek keberadaan kantor Parpol di Kabupaten Gunung Mas, terkait kepengurusan dan keterwakilan perempuan. Untuk verifikasi faktual keanggotaan, kami akan mendatangi anggota parpol dan mencocokan kesesuaian dari data anggota yang diverifikasi," terangnya. 

Selanjutnya, kata Elfrinst, akan dilakukan verifikasi faktual perbaikan bagi parpol yang saat dilakukan verifikasi faktual dinyatakan belum memenuhi syarat baik kepengurusan maupun keanggotaan. 

"Yang perlu diperhatikan bagi parpol yang akan dilakukan verifikasi faktual yakni Kartu Tanda Anggota (KTA), KTP dan berkas lain sesuai dengan yang sudah diunggah di aplikasi sistem informasi politik (Sipol)," tukas Elfrinst.

Terkait persiapan verifikasi faktual, KPU Gunung Mas telah menggelar rapat koordinasi dengan keenam parpol calon peserta pemilu 2024 yang akan dilakukan verifikasi tersebut. Rapat itu dilaksanakan di aula Hotel Insevas Kuala Kurun pada Sabtu, 15 Oktober 2022. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru