Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemda Serius Tangani Banjir di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Oktober 2022 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Intensitas hujan yang begitu tinggi dalam beberapa hari terakhir ini hampir seluruh wilayah di Kalteng ini terdampak banjir, bahkan pemprov mengeluarkan status tanggap darurat bencana banjir.

Menanggapi itu Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering meminta kepada pemda khususnya Provinsi Kalteng agar dapat serius menangani banjir di Kalteng beserta dampak yang dialami masyarakat saat ini. Sebab, keadaan tersebut membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas.

"Setiap tahun banjir di Kalteng ini selalu terjadi, ini perlu perhatian serius pemerintah untuk menanganinya. Karena, banyak masyarakat yang terdampak atas musibah ini. Langkah-langkah tepat baik penanggulangan dan lain-lain perlu secepatnya dilakukan," ucapnya, Rabu, 19 Oktober 2022.

Dia mengatakan, dalam upaya penanganan banjir beserta dampaknya Pemprov Kalteng harus menyiapkan anggaran tidak terduga dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), sebab ada banyak masyarakat yang terdampak tentu memerlukan bantuan dari pemda.

Di sisi lain, didalam penggunaan anggaran itu ia pun mengimbau supaya dilaksanakan dengan baik, terukur, transparan, dan yang paling penting bantuan yang akan diberikan nantinya disalurkan secara merata kepada masyarakat yang benar-benar terdampak banjir.

"Anggaran APBD yang digunakan untuk penanganan banjir juga harus benar-benar dirinci dengan baik, pastikan semua yang dilaksanakan tepat sasaran. Harapan kita setelah dikeluarkan status tanggap darurat banjir di Kalteng ada upaya dari pemda untuk penanganan, pemprov, pemkab, atau pemkot supaya saling berkoordinasi," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru