Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekcam Selat Apresiasi Program Pengentasan Kelurahan Kumuh

  • 02 Februari 2016 - 21:08 WIB

SEKRETARIS Camat Se'lat,' Budi menyambut baik Program Neigh'bor'hood Upgrading and Shelter Project Phase (NUSPP) dari Direktorat Cipta Kar'ya Kementerian Peker'ja'an' Umum yang akan dilaksa'na'kan di wilayahnya tahun ini.

Program untuk menata ling'kungan kumuh kawasan per'kotaan ini dinilai sangat ber'manfaat bagi masyarakat.

Dengan program ini nanti'nya' pembangunan jalan, sa'nitasi, dan lainnya lebih ce'pat tuntas. Sebab tahun ini setiap kelurahan akan di'bantu Rp1 miliar.

'Kami apresiasi program ini. Harapannya semua kelu'rah'an dan masyarakat ak'tif' berpartisipasi karena kegiat'annya dilaksanakan secara keswadayaaan, sehingga' ba'nyak' melibatkan masyara'kat,' kata Budi, Selasa (2/2/2016).

Di Kecamatan Selat ada 8 kelu'rahan dan 2 desa yang sta'tusnya kumuh.

Saat ini setiap kelurahan te'lah membentuk Badan Ke'swadayaan Masyarakat (BKM), karena nantinya BKM yang akan melaksanakan pro'yeknya.

'Kalau kegiatan bersifat swa'daya, maka ada kewajib'an' masyarakat, misalnya ada kebutuhan untuk program sa'nitasi, maka mereka harus me'nyiapkan tanah untuk mem'buat WC komunal, maka masyarakat juga harus mem'ban'tu untuk menghibahkan ta'nahnya,' harapnya.

Kabid Cipta Karya Dinas PU Kapuas, Maria Suzana sebe'lumnya mengatakan pena'nganan permukiman kumuh perkotaan dilaksanaka'n dengan dua sistem. Yakni sis'tem kontraktual dan melalui BKM.

'Yang bersifat kswadayaan akan dikelola BKM dan non BLM kegiatannya berskala be'sar,' jelasnya.

Ditambahkan, keberadaan per'mukiman kumuh ada di tepian Sungai Kapuas. Di ma'na banyak rumah masyarakat' yang perlu ditata.

Pada 2015 setipa kelurahan me'nerima dana Rp500 juta da'ri NUSPP, tapi tahun ini men'jadi Rp1 miliar.

'Tahun kemarin kita ada dua kelurahan yang diusul'kan' dan tahun ini dananya le'bih besar lagi.' (B-6)

Berita Terbaru