Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kotim Ajak Masyarakat Peduli Tentang Keamanan Pangan

  • Oleh Noor Annisa
  • 20 Oktober 2022 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kabupaten Kotawaringin Timur mengajak masyarakat lebih peduli terhadap keamanan pangan baik masyarakat sebagai produsen maupun konsumen agar lebih bijak dalam mengolah ataupun mengonsumsi makanan.

Guna mendukung keinginan tersebut, Dinkes Kotim dalam hal ini gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) tentang keamanan pangan agar terjadi peningkatan peran serta dari berbagai pihak dalam pengawasan makanan yang beredar di masyarakat, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keamanan makanan.

"Kita berharap melalui kegiatan ini terjadi penyebaran komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai makanan aman, bermutu dam bermanfaat," sebut Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinkes Kotim Abdurahman, Kamis, 20 Oktober 2022.

Kegiatan KIE diantaranya diberikan kepada anggota PKK, kader posyandu, pelaku usaha, siswa, guru hingga pengelola swalayan.

Dia mengatakan, keracunan masih sering terjadi akibat masyarakat mengonsumsi makanan yang tidak aman, sehingga keamanan pangan dianggap menjadi masalah utama yang harus diperhatikan oleh konsumen maupun produsen.

Keamanan pangan merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat. 

"Pembangunan keamanan pangan dapat dimulai dari individu, keluarga, hingga masyarakat. Untuk itu perlu adanya upaya menyentuh tingkatan ini sehingga pangan yang aman, bermutu dan bergizi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di Kotim khususnya," harapnya.

Dia melanjutkan pangan yang aman bisa diartikan terbebasnya bahan makanan dari zat-zat yang membahayakan kesehatan tubuh dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari cemaran biologis, kimia dan fisika yang mengganggu, merugikan bahkan membahayakan kesehatan manusia. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru