Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengelolaan dan Pemanfaatan Alam Perlu Kolaborasi Semua Pihak

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 21 Oktober 2022 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  Seluruh pihak perlu berkolaborasi dalam pembangunan dan pemanfaatan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi dampak kerusakan lingkungan di masa datang, seperti banjir yang kini terjadi di beberapa wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Harapan tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitan dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Kalteng  Kaspinor, Jumat, 21 Oktober 2022.

Menurut alumnus S3 Universitas Muhammadiyah  Malang (UMM) itu, masalah lingkungan dewasa ini sudah menjadi ancaman secara global, bukan saja di Kalteng. Dalam upaya antisipasi dampak masalah lingkungan ini Kalteng punya berpeluang menjadi pioner apabila seluruh pihak terkait di daerah ini memiliki keinginan dan komitmen bersama untuk berkolaborasi dalam pembangunan.

"Yang lebih penting adalah membangun kesadaran, komitmen, dan kerja sama atau kolaborasi berbagai stakeholder, di antaranya pemerintah daerah, pihak swasta baik sektor perhutanan, perkebunan, pertambangan, property atau pengembang perumahan dan lainnya, BUMN, BUMD, BUMDes, Koperasi, UMKM, dan perorangan,” terang Kaspinor.

Dia melanjutkan, kebijakan pembangunan maupun pengelolaan alam yang perlu didasari semangat kolaborasi itu, di antaranya terkait penerbitan perizinan dan  kebijakan strategis lainnya. 

“Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan berbagai sektor pembangunan yang diselenggarakan perlu didasari ide, pemikiran, konsep dan pembangun masa depan Indonesia maupun daerah yang memperhatikan kesimbangan dan pembangunan berwawasan  lingkungan,” ujar Kaspinor.

Ketua Organisasi Wilayah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Provinsi Kalteng itu mencontohkan, dalam pengelolaan pembangunannya di suatu wilayah, ruang terbuka hijau harus disediakan minimal 30 persen, bahkan lebih baik lagi jika di atas 50 persen. 

Caranya bisa dengan mempertahankan hutan, pengembangan usaha dan budidaya hutan tropis, memelihara danau, sungai, anak sungai, pinggiran pantai.
    
"Tanaman di sepadan jalan kota atau perdesaan perlu dikembalikan dengan cara menanam atau memelihara tanaman yang sudah ada. Ini akan memberikan dampak bagi kenyamanan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang lestari sehingga layak dijadikan profil daerah ekonomi hijau,” tandasnya.  (HERMAWAN/B-5)

Berita Terbaru