Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jadi Hak Masyarakat, Perusahaan Wajib Realisasi Plasma

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Oktober 2022 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Ferry Khaidir mengatakan, perusahaan wajib merealisasi plasma yang menjadi hak masyarakat. Sebab, hal itu sudah tertuang dalam peraturan perundang-undangan dan juga perjanjian sebelum perusahaan beroperasi di suatu daerah.

"Kewajiban perusahaan itu memberikan plasma sebesar 20 persen kepada masyarakat, hal ini tujuannya yaitu untuk pemberdayaan maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan tersebut," katanya, Jumat, 21 Oktober 2022.

Selain itu, Ferry mengingatkan setiap perusahaan yang beroperasi di Kalteng ini supaya dapat memberikan kepastian merealisasikan plasma kepada masyarakat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti konflik yang berkepanjangan.

"Tentu perusahaan harus bisa menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik dengan meralisasi plasma. Wajar jika masyarakat menagih plasma kepada perusahan karena itu hak mereka, kami mendukung itu," ujarnya.

Dijelaskannya bahwa, antara perusahan, daerah dan juga masyarakat harus dapat saling memberikan keuntungan. Artinya, perusahan beroperasi menggeruk SDA, daerah menerima pajak dan masyakat menerima haknya berupa plasma sebesar 20 persen


"Jadi sekali lagi, perusahaan harus dapat mentaati setiap peraturan yang berlaku, karena tujuan adanya investasi itu tidak hanya menggeruk keuntungan saja, tapi juga turut serta membangun daerah serta mensejahterakan masyarakat dengan begitu sama-sama saling menguntungkan," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru