Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampah Kota Sampit Mencapai 150 Ton, Kepala DLH Sebut Perlu Pengolahan

  • Oleh Noor Annisa
  • 22 Oktober 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur, Machmoer menyebut perlu adanya pengolahan sampah, pasalnya dalam satu hari sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) oleh pihaknya sudah mencapai 150 ton per hari.

Sampah sebanyak 150 ton itu berasal dari 8 depo, TPS dan jalur-jalur di Kota Sampit yang ditangani oleh pihak DLH.

"Sampah di Kota Sampit ini kalau tidak ada pengolahan maka akan memakan banyak lahan, dalam sehari sampah yang diangkut sekitar 30 rit atau mencapainya 150 ton dan membutuhkan luasan lahan 5x9 meter, tingginya 4 meter untuk pembuangannya di TPA," ungkapnya.

DLH Kotim melakukan beberapa langkah untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat agar berkreatifitas dalam pengelolaan sampah. Salah satunya dengan mengadakan lomba inovasi teknologi pengolahan sampah serta kreatifitas mendaur ulang sampah.

Diharapkan kemampuan masyarakat dalam mengolah sampah mampu mengurangi timbunan sampah terbuang dan meningkatkan nilai ekonomi sampah, juga sebagai alternatif sumber pendapatan serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik dan bersih.

Selain itu pemerintah daerah juga telah MoU dengan salah satu pihak swasta dalam pengolahan dan pengelolaan sampah yang nantinya di Kotim tepatnya di lokasi TPA akan dibangunkan pabrik pengolahan sampah baik sampah rumah tangga atau industri maupun limbah medis. (NOOR ANNISA/B-11)

Berita Terbaru