Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Murung Raya Lomba Menembak dan Menyumpit Peringatan HUT TNI

  • Oleh Trisno
  • 23 Oktober 2022 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Lomba menembak Dandim Cup dan lomba menyumpit mewarnai kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-77 di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

Dalam laporannya Dandim 1013 Mtw melalui Perwira Penghubung Mayor Inf. Heru Widodo mengatakan lomba menembak ditujukan untuk masyarakat umum, sedangakan lomba menyumpit ditujukan bagi pemula tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

"Lomba yang dilaksanakan ini pertama digelar di Kabupaten Murung Raya dalam rangka HUT TNI. Kegiatan untuk menyemarakkan hari jadi TNI Ke-77 di tahun 2022 ini diikuti ratusan peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA diseputaran Kota Puruk Cahu," kata Heru pada acara pembukaan yang dilaksanakan di stadion sepakbola Dr. Willy M. Yoseph, Puruk Cahu, Sabtu (22/10/2022).

Untuk lomba menembak, Heru mengatakan peserta yang berjumlah 70 orang saat ikut serta menggunakan senapan angin dan akan merebutkan hadiah menarik dari Dandim 1013 Mtw bagi juara 1, 2 dan 3.

Sementara itu Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph melalui Sekretaris Daerah Murung Raya Hermon berharap dalam kegiatan tersebut akan lahir atlit-atlit yang akan mewakili Kabupaten Murung Raya dalam berbagai kejuaraan, baik ditingkat daerah maupun Nasional.

"Saat ini pecinta olahraga menembak banyak tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Murung Raya dan tentunya melalui kegiatan seperti ini pemerintah daerah melalui Perbakin Murung Raya mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kegunaan senapan angin bukan hanya untuk berburu, tapi juga dapat digunakan sebagai perlombaan," jelas Hermon.

Sedangkan untuk lomba menyumpit, Hermon mengatakan sumpit merupakan sebuah warisan budaya dari masyarakat Dayak yang dulunya digunakan untuk berburu, akan tetapi seiring perkembangan zaman sumpit tidak lagi digunakan dianggap sebagai senjata, tatapi diangkat menjadi salah satu permainan tradisional yang sering dilombakan dalam event festival budaya. (Trs)

Berita Terbaru