Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Dorong Pemda Maksimalkan Potensi PAD dari Retribusi

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Oktober 2022 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota untuk dapat memaksimalkan potensi PAD salah satunya dari retribusi.

Duwel mengatakan banyak potensi yang bisa dimaksimalkan dari retribusi ini yaitu pada kawasan kuliner ataupun tempat-tempat hiburan yang tergolong cukup besar. Dan hal itu juga sudah dilakukan oleh beberapa daerah di Indonesia.

"Kita ketahui di Kalteng sendiri saat ini kawasan kuliner atau tempat hiburan seperti salah satunya di Palangka Raya itu sudah banyak, nah ini merupakan peluang untuk meningkatkan PAD jika dimaksimalkan," ujarnya, Selasa, 25 Oktober 2022.

Duwel menyebut, meski sekarang ini kawasan kuliner atau tempat hiburan di Kota Palangka Raya tergolong banyak, namun belum mampu memberikan kontribusi besar bagi PAD, dan diharapkan potensi itu supaya bisa lebih dimaksimalkan lagi.

"Kalau bisa sistemnya ditingkatkan, sehingga bisa jelas berapa tolak ukur besaran pajak yang dapat dipungut agar tidak sampai memberatkan para pengelola atau pemilik kuliner maupun tempat hiburan," tuturnya.

Selain itu, Duwel juga mendorong perhatian pemerintah agar dapat menaikan nilai jual dari kawasan kuliner di Palangka Raya. Sebab, keberadaan kawasan kuliner yang ada belum mampu menarik kunjungan wisatawan luar datang ke kota setempat.

Oleh sebab itu, Duwel berharap pemda supaya dapat turut membantu para pelaku usaha di kawasan kuliner untuk terus berbenah meningkatkan layanan, fasilitas dan promosi. Sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan tidak hanya setingkat lokal atau nasional, tapi sampai wisatawan mancanegara.

"Kawasan kuliner yang ada, hanya tujuan kedua bagi para tamu dari luar yang datang ke Kalteng ataupun Palangka Raya khususnya. Orang luar datang ke kawasan kuliner Jalan Yos Sudarso dan sekitarnya itu hanya untuk bersantai saja selepas kegiatan utama," jelasnya.

"Jadi, bukan menjadi tujuan utama mereka datang ke sini. Maka dari itu sangat perlu adanya pembenahan, supaya kedepan semakin banyak orang tertarik datang, dan peningkatan PAD melalui retribusi juga bisa lebih maksimal, dan yang paling penting yaitu bisa sebagai tempat tujuan utama tamu yang berkunjung ke daerah ini," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru