Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Murung Raya Diminta Turun Lapangan Cek Pencemaran Air Terjun Liang Pandan

  • Oleh Trisno
  • 26 Oktober 2022 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Air terjun Liang Pandan, membentangi Sungai Sanggarahan, yang terletak di pusat Kota Puruk Cahu, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura) kini tak seindah dulu lagi. Kondisi air yang jernih membuat masyarakat Murung Raya maupun dari luar daerah terpikat kepadanya.

Salah satu objek wisata yang tercatat sebagai aset wisata dimiliki oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Murung Raya ini diharapkan mampu menjual eksotis Murung Raya ke dunia luar itu diharapkan bisa bertahan lama. Namun keinginan itu tampaknya terpenggal, lantaran kini kondisi dan kualitas airnya sudah tidak menarik lagi, berwarna kecoklatan.

Dari pantauan, kondisi airnya sudah berubah berwarna coklat. Diduga ada pencemaran lingkungan di bagian hulu sungai Sanggarahan itu. Sontak saja, membuat reaksi berbagai pihak termasuk wakil rakyat yang berasal dari daerah pemilihan Kecamatan Murung.

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Murung Raya Ahmad Tafruji, SP sangat menyayangkan jika salah satu objek wisata andalan Murung Raya kini tengah tercemar.

“Kami dari Fraksi PAN mendesak kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Murung Raya bersama jajarannya untuk melakukan tinjau lapangan atau kroscek terkait adanya dugaan pencemaran di bagian hulu sungai Liang Pandan yang mengakibatkan air keruh dan berubah warna coklat,” jelas Ahmad Tafruji.

Menurut Ahmad Tafruji, belakangan ia mengatahui kondisi air itu sangat jernih, masyarakat menggunakannya untuk mandi, mencuci bahkan masih ada yang menggunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya seperti minum dan memasak.

“Jika ada pencemaran, kami berharap agar DLH segera proaktif dan jemput bola dalam rangka pencegahan dan melakukan pendekatan secara persuasif terhadap masyarakat yang melakukan aktivitas di hulu sungai Liang Pandan. Setidaknya bisa menjamin kelestarian lingkungan, terutama untuk sebuah objek wisata. Karena daya tarik selain infrastruktur, orang berkunjung ke daerah itu karena pariwisatanya. Kita di Murung Raya ini salah satunya, dengan objek wisata air dan sungai,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Murung Raya Dr. Donald ketika dikonfirmasi melalui via whatsApp belum memberikan keterangan terkait hasil uji kualitas air terjun Liang Pandan sampai berita ini diturunkan. (Trs)

Berita Terbaru