Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Koperasi Harus Mampu Memberikan Manfaat kepada Masyarakat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Oktober 2022 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Dalam upaya meningkatkan SDM serta memberikan pembinaan secara regular kepada pengurus dan pengawas koperasi, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Lamandau melaksanakan pelatihan perkoperasian.

“Koperasi itu nawaitunya (niatnya) sangat baik, yaitu menyejahterakan masyarakat. Jadi koperasi itu harus mampu memberikan manfaat kepada masyarakat,”  ucap Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, saat membuka kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus dan pengawas koperasi, Rabu, 26 Oktober 2022.

Namun, lanjut Bupati, dalam perjalanannya, terkadang ada permasalahan tidak amanah, baik dari pengurus atau pengawas maupun pihak luar yang ada kepentingan, sehingga keberadaan koperasi tersebut malah menimbulkan persoalan baru di tengah masyarakat.

Ditegaskan Hendra, pemerintah daerah harus mampu tegas dan berani untuk memecahkan persoalan perkoperasian agar keberadaan koperasi benar-benar memberikan asas manfaat bagi masyarakat.

“Kalau ada koperasi yang tidak sehat, ya harus ditindak, aturannya juga sudah jelas,” tegas Bupati.

Dengan kegiatan pelatihan tersebut, kata Hendra, diharapkan para pengurus dan pengawas koperasi dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas SDM guna mewujudkan koperasi yang sehat, amanah dan mensejahterakan masyarakat Lamandau.

Sementara itu, Kepala DKUKMPP Lamandau, Penyang Lanen mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelatihan ini antara lain memberikan pembinaan secara regular kepada koperasi, meningkatkan SDM pengurus dan pengawas koperasi serta untuk memperoleh masukan dan usulan dari berbagai pihak koperasi dalam pengelolaan kelembagaan koperasinya masing-masing.

“Ruang lingkup kegiatan pelatihan perkoperasian ini, antara lain mencakup pemberian materi, pelatihan perkoperasian oleh narasumber, tanya jawab dan simulasi yang dilakukan di ruang kelas pelatihan perkoperasian,” sebutnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan pelatihan bisa menambah wawasan dan pengetahuan para peserta tentang koperasi dan penyusunan laporan keuangan. Sehingga bisa secara nyata berperan aktif untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Selain itu juga dihadapkan dapat meningkatkan jumlah koperasi yang aktif di Lamandau,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru