Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Berikan Tablet Tambah Darah Cegah Anemia pada Pelajar di Sampit

  • Oleh Noor Annisa
  • 26 Oktober 2022 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengajak seluruh siswi di Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Sampit untuk meminum tablet tambah darah secara bersama-sama untuk mencegah terjadinya anemia.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kotim, Noorliyana mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka gerakan nasional yang dilaksanakan serentak seluruh indonesia.

"Hari ini merupakan kegiatan aksi bergizi nasional berupa pemberian tablet tambah darah untuk seluruh siswa putri di SMAN 1 Sampit," katanya, Rabu, 26 Oktober 2022.

Dia menyebut, kegiatan aksi bergizi di Kabupaten Kotim dipusatkan di SMAN 1 Sampit. Di samping itu juga dilaksanakan di 15 sekolah lainnya yang berada di beberapa kecamatan yang ada di wilayah ini.

Menurutnya, tablet tambah darah dikhususkan kepada siswa perempuan karena lebih dianjurkan daripada siswa laki-laki untuk mencegah bahaya anemia.

"Kenapa diberikan kepada siswa putri karena mereka mengalami haid yang sering mengakibatkan anemia setiap bulannya. Bahaya anemia bisa mengurangi aktivitas seperti lemas, letih, lesu, pucat makanya dianjurkan untuk meminum tablet tambah darah," jelasnya.

Dia menekankan bahwa setiap perempuan seharusnya mengonsumsi tablet tambah darah setiap minggunya dan dirinya berharap pihak sekolah bisa memfasilitasi kegiatannya.

"Setiap siswa perempuan itu harus minum tablet tambah darah setiap minggu karena rentan mengalami anemia akibat haid dan mereka masih dalam masa pertumbuhan memang memerlukan zat besi yang lebih tinggi juga," pungkasnya.

Kegiatan aksi bergizi dengan pemberian tablet tambah darah ini juga dirangkai dengan beberapa kegiatan pendukung seperti senam bersama, sarapan bersama dengan bekal yang dibawa siswa masing-masing dari rumah, dilanjutkan meminum tablet tambah darah, pemberian edukasi kesehatan hingga pembagian doorprize. (NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru