Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komunitas Motor Lintasi Banjir SalurkanBantuan di Dua Desa di Kota Besi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Oktober 2022 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perjuangan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang bekerjasama dengan komunitas Halikinnor Adventure Trail dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP-PKK), dalam penyaluran bantuan untuk korban banjir di Desa Soren dan Simpur, Kecamatan Kota Besi, mendapatkan sejumlah kendala. 

Bahkan sejumlah motor anggota HNR Adventure Trail mogok, saat melintasi jalan yang tergenang banjir setinggi 80 cm. Sehingga, harus dinaikkan ke atas mobil. 

"Kendala yang kami hadapi saat penyaluran sembako ke 2 desa di Kota Besi ini, banjir menggenangi jalan. Sehingga sejumlah motor tidak bisa lewat dan ada juga yang mogok," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel, Jumat, 28 Oktober 2022. 

Ia menerangkan, penyaluran bantuan yang juga dari Bank Kalteng tersebut dilakukan melalui jalur darat. Awalnya jalan menuju 2 desa tersebut tidak ada hambatan, namun setelah mendekati desa, ternyata jalan yang panjangnya kurang lebih 2 kilometer terendam banjir. 

Tinggi banjir sendiri bervariasi, mulai dari 30 cm, hingga 80 cm. Beruntung, untuk mobil yang mengangkut bantuan masih bisa melintas. Sedangkan, para pemotor hanya beberapa yang dapat tembus ke Desa Simpur. 

Sedangkan untuk penyaluran ke Desa Soren, terpaksa dijemput menggunakan perahu kelotok dan speedboat. Karena jalan menuju desa tersebut dikhawatirkan juga dilanda banjir. 

"Kami tidak mau mengambil resiko, sehingga penyaluran ke Desa Soren kami gunakan perahu kelotok dan speedboat," terang Ketua HNR Adventure Trail Ramadansyah. 

Sementara, untuk jumlah paket yang disalurkan, ada 130 paket untuk di Desa Simpur, sedangkan di Desa Soren ada 150 paket. 

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang jadi korban banjir," harap Ramadansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru