Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Berharap PBS di Gunung Mas Segera Membuat Jalan Khusus

  • Oleh Riska Yulyana
  • 02 November 2022 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Polie L Mihing berharap perusahaan besar swasta (PBS) segera membuat jalan khusus untuk mengangkut hasil produksinya.

"Selama ini PBS melewati jalan umum yang menjadi hak masyarakat. Maka sangat bijak apabila perusahaan besar swasta dengan tidak terlalu berlama-lama segera membuat jalan tersendiri untuk angkutan perkebunan, kehutanan dan pertambangan," ujar Polie, Selasa, 1 November 2022.

Sebab, kata Polie, selama ini truk milik PBS menjadi salah satu penyumbang kerusakan jalan di Kabupaten Gunung Mas. Disebutkannya, mereka menggunakan truk yang berkapasitas melebihi kemampuan jalan.

"Yang terjadi selama ini, truk angkutan perusahaan besar swasta yang melewati jalan provinsi masuk wilayah Gunung Mas Kuala Kurun-Sepang maupun Tewah-Tumbang Miri, beban muatannya melanggar dari aturan yang ada terkait ketentuan jalan kelas III," terangnya.

Politisi Partai Hanura tersebut mengatakan bahwa, sebaiknya PBS jangan sekadar berinvestasi namun tidak mematuhi aturan perundang-undangan.

"Jangan sekedar berinvestasi dan mencari keuntungan, tapi patuhi juga peraturan perundang-undangan yang berlaku. Miliki kesadaran untuk membantu pemerintah memperbaiki kerusakan jalan yang ada," seru Polie.

Polie berharap Pemkab juga tegas dalam menjalankan aturan terkait jalan kelas III sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 19 maupun peraturan lainnya.

"Jangan lakukan pembiaran terhadap investor di Gumas yang melanggar aturan. Aturan harus ditegakan setegak-tegaknya demi kemaslahatan masyarakat dan daerah," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru