Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Rencanakan Pembangunan Pabrik Pakan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 November 2022 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur merencanakan pembangunan pabrik pakan ternak unggas untuk memenuhi kebutuhan dalam daerah.

"Pabrik pakan ini nanti akan memenuhi kebutuhan peternakan ayam di Kabupaten Barito Timur dan juga kabupaten tetangga," ungkap Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Selasa, 1 November 2022.

Dia melanjutkan, kebutuhan jagung sebagai bahan baku pabrik pakan ayam akan disuplai dari petani jagung yang ada di Kabupaten Barito Timur, Barito Selatan, Barito Utara dan Murung Raya.

Dengan adanya pabrik pakan ayam nanti maka harga pakan bisa dikendalikan sehingga berdampak pada harga kebutuhan pangan, khususnya harga daging ayam di Kabupaten Barito Timur dan kabupaten lainnya di DAS Barito.

"Dalam menekan inflasi kita juga tetap mengedepankan program ekonomi kerakyatan di bidang pertanian hingga UMKM tanpa mengabaikan program infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya," lanjut Ampera.

Sebagai satu rangkaian, selain membangun pabrik dan meningkatkan luas tanam jagung, Pemkab Barito Timur juga akan kembali memprogramkan budidaya ayam petelur.

"Jadi nanti pengembangan ayam petelur bisa untuk menyerap pakan dari pabrik yang kita dirikan dan juga memenuhi kebutuhan protein hewani di Barito Timur dengan harga yang terjangkau," terang Ampera. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru