Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas Alokasikan Rp3,7 Miliar untuk Penanganan Inflasi

  • Oleh Riska Yulyana
  • 01 November 2022 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui asisten II Setda Gumas Richard mengatakan bahwa rencananya, pihaknya akan mengalokasikan dana dengan total Rp3,7 miliar dari APBD untuk penanganan inflasi di wilayah setempat.

Hal itu dikatakan oleh Richard usai mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi secara virtual yang diikuti oleh Gubernur, Bupati/ Walikota beserta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Indonesia yang dilaksanakan di ruang rapat lantai I kantor Bupati pada Senin, 31 Oktober 2022.

"Berdasarkan petunjuk dari pusat, Kabupaten Gumas mengalokasikan dana 2 persen dengan total Rp3,7 miliar dari belanja APBD, dari dana inilah Pemkab Gumas mengupayakan program penanganan inflasi di Gumas," ujar Richard.

Dana tersebut kata  Richard, pemkab Gumas sendiri sudah melakukan berbagai upaya salah satunya membuat pasar murah bagi masyarakat setempat di berbagai kecamatan.

Sambungnya, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas juga telah menyiapkan beberapa cadangan pangan di sektor pertanian.

"Selain itu, faktor yang perlu dilakukan untuk pengendalian inflasi yakni terkait pengawasan pendistribusian barang yang memicu kenaikan bahan pokok," terangnya.

Dalam rapat tersebut, tambah Richard, pemerintah daerah termasuk Kabupaten Gunung Mas diminta mengoptimalkan TPID untuk memonitor harga bahan pokok di pasar. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru