Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemiskinan Jadi Salah Satu Penyebab Stunting di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 03 November 2022 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBP3APM) Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan menyampaikan sejumlah penyebab stunting.

"Ada beberapa identifikasi penyebab stunting, di antaranya kemiskinan, kurang air bersih dan sanitasi, pendidikan dan akses layanan kesehatan yang jauh jaraknya dari permukiman warga. Kemudian perilaku hidup, pola asuh yang kurang optimal dan akses terhadap makanan bergizi," katanya, Kamis, 3 November 2022.

Sementara itu dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting sepanjang tahun 2022, ada beberapa kendala yang dialami di antaranya koordinasi lintas sektoral antar tim percepatan penurunan stunting belum maksimal.

Selain itu juga belum ada realisasi aksi bersama dari TPPS. Kemudian belum lengkapnya alat antropometri (alat timbang ukur standart) yang tersedia di posyandu.

Sehingga berdasarkan kendala tahun 2022 tersebut, pada tahun 2023 nanti dilanjutkan dengan tindak lanjut penurunan stunting melalui sejumlah kegiatan.

“Untuk tahun 2023 diambil beberapa langkah penurunan stunting antara lain dengan penetapan kader pembangunan manusia dan pendataan sasaran prioritas keluarga beresiko stunting tingkat Kelurahan," jelasnya.

Selanjutnya melakukan pendataan dan pemetaan penyebab resiko stunting, penggalian usulan berdasarkan data analisa situasi dan melakukan Rembug stunting tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Tingkat Kota,” pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru