Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Baleg DPRD Gandeng LKBH Buat Naskah Akademik Raperda

  • 05 Februari 2016 - 18:52 WIB

BADAN Legislasi DPRD Kotim menggandeng atau bekerja sama dengan LembhagaKonsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Perkumpulan Pusat Penelitian Pengkajian danPengembangan Hukum Harati (P5H-Harati) Palangka Raya, untuk membuat naskahakademik rancangan peraturan daerah yang berkualitas.

Beberapa hari lalu kami sudah melakukan kerja sama dengan LKBH P5H Harati.Ini sebagai langkah baleg DPRD untuk menjadikan Raperda inisiatif dewannantinya dalam bentuk Perda berkualitas dan berketetapan hukum yang kuat, kataKetua Baleg DPRD Kotim Dadang H Syamsu, saat ditemui, Jumat (5/2/2016).

Politisi PAN itu menjelaskan, dimulainya konsultasi untuk pembuatan naskahakademik raperda karena baleg menginginkan seluruh program legislasi daerahbisa dirampungkan sesuai target. Tahun ini, baleg menargetkan mampu membahasdan mengesahkan 22 draft Raperda.

Enam buah Raperda merupakan inisiatif DPRD dan 15 Raperda lainnyamerupakan usulan eksekutif. Sedangkan satu buah raperda lagi diagendakan untukdilakukan pencabutan, ucap dia.

Dadang menargetkan paling lambat pekan terakhir Februari ini akan dimulaipembahasan enam Raperda inisiatif dewan. Yakni tentang pemberdayaan tenagakerja lokal, pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan, rencana indukkepariwisataan, sistem integrasi sawit-sapi, serta dua Raperda tentangorganisasi pemerintahan desa.

Kami pandang keenam Raperda itu sangat penting untuk dibahas terlebihdahulu, terutama mengenai organisasi pemerintahan desa. Karena ini berkaitanerat dengan pemerintahan desa yang sekarang mendapat dana desa cukup besar,jelas dia. (RF/*)

Berita Terbaru