Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Ini Minta Perusahaan Perhatikan Masyarakar Sekitar

  • Oleh Donny Damara
  • 06 November 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Ina Prayawati meminta kepada setiap perusahaan yang beroperasi di wilayah provinsi ini agar dapat memperhatikan masyarakat di sekitarnya.

Menurutnya, keberadaan perusahaan di daerah jangan sampai abai terhadap kewajibannya. Sebab, adanya perusahaan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi daerah maupun masyarakat terutama mensejahterakan.

"Di Kalteng ini masih ada perusahaan yang kurang memperhatikan masyarakat sekitarnya, sehingga hal itu menimbulkan dampak negatif seperti yang terjadi di Kabupaten Murung Raya," ucapnya, Minggu, 6 November 2022.

Dia menuturkan, apa yang terjadi di Kabupaten Murung Raya baru-baru ini yakni adanya konflik antara perusahaan dan masyarakat yang viral di media sosial seharusnya sebisa mungkin dihindari.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, konflik itu terjadi akibat minimnya perhatian perusahaan kepada masyarakat. Jadi, masyarakat hanya ingin menyambung hidup dengan menggambil sisa hasil alam (dari perusahaan)," ungkapnya.

Seharusnya, lanjut dia, pihak perusahaan menanggapi hal itu tidak perlu dengan kekerasan, sehingga menimbulkan konflik yang dapat merugikan antara kedua belah pihak. Selain itu, juga membuat reputasi perusahaan dianggap buruk di mata masyarakat.

"Harusnya dari awal dibicarakan baik-baik dengan perwakilan masyarakat agar tidak menimbulkan konflik dan seharusnya juga, perusahaan punya hati nurani dengan memperhatikan masyarakat serta memberdayakan mereka," ujarnya.

Dia menjelaskan, perusahaan yang dimaksud itu sebaiknya mencontohkan peruhaan perkebunan yang memberikan plasma sebesar 20 persen kepada masyarakat. Meski itu tidak ada aturannya, kebijakan bisa diambil pihak perusahaan untuk menyejahterakan masyarakat sekitar.

"Dengan begitu tidak akan terjadi konflik apabila perusahaan tanggap menanggapi apa yang menjadi keinginan masyarakat. Karena, pada dasarnya keberadaan perusahaan itu diharapkan dapat memberdayakan masyarakat sekitar," tuturnya.

Dirinya berharap, perusahaan tersebut dapat memperhatikan dan menyelesaikan persoalan yang terjadi itu. Kemudian yang terpenting adalah memberdayakan masyarakat sekitar. "Kita tidak ingin ada perusahaan yang abai kepada masyarakat sekitarnya dan tidak memberikan kontribusi. Perusahaan jangan hanya mengeruk keuntungan saja dari SDA yang ada di Kalteng ini, tapi juga masyarakat perlu diperhatiakan," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru