Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pakar Ekonomi: Tumbuhkan Stikma Ekonomis Sampah

  • Oleh Nopri
  • 07 November 2022 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam mengatasi permasalahan sampah butuh upaya lebih besar. Tidak hanya dengan gerakan sadar membuang sampah pada tempatnya, namun juga dibutuhkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah.

Pengamat ekonomi, Miar P Bakar menyarankan agar pemerintah dapat merubah stigma masyarakat untuk dapat memanfaatkan sampah agar memiliki nilai ekonomis, salah satunya dengan mengoptimalkan daur ulang sampah.

"Kalau terkelola dengan baik, barang-barang yang menjadi sampah dapat memiliki banyak manfaat, jika didaur ulang kembali. Pemerintah harus mulai menanamkan nilai ekonomis sampah bagi kehidupan masyarakat," katanya, Senin, 7 November 2022.

Menurutnya, perlu ada perubahan pola pikir dan gaya hidup dimasyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah lebih baik dan menjaga keberlanjutan. Salah satunya adalah dengan menanamkan konsep daur ulang sampah menjadi sumber pendapatan.

"Prinsip pengolahan sampah itu sangat sederhana. Buatlah sampah kita tidak kotor. Semakin terpilah dah terkelola, maka semua sampah bisa memberikan manfaat dengan baik termasuk juga terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Dia menyarankan agar pemerintah daerah dapat lebih mengoptimalkan kembali layanan pilah-pilih sampah melalui dari tingkat Rukun Tetangga (RT).

"Saya harapkan permasalah ini harus segara diselesaikan. Saya harap agar jasa pengumpul sampah dapat lebih dioptimalkan lagi, supaya permudah masyarakat kalau memang kesulitan dalam pengelolaan sampah," tutupnya. (NOPRI/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru