Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh Diminta Tingkatkan Kemampuan Diri dan Ilmu Pengetahuan

  • Oleh Trisno
  • 07 November 2022 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Murung Raya (Mura) Pujo Sarwono berharap para penyuluh bisa meningkatkan kemampuan dirinya dan ilmu pengetahuan. 

Sebab, kata dia, ilmu pengetahuan atau teknologi pertanian itu sangat cepat perkembangan. Hal itu disampaikan Pujo saat melantik dan mengambil sumpah dan janji pejabat fungsional penyuluh pertanian ahli pertama dan jabatan fungsional penyuluh pertanian pelaksana pemula di Distanakan, belum lama ini,  dalam kegiatan yang dihadiri dari DiskominfoSP dan BKPSDM serta para saksi rohaniawan.

Menurut Pujo, pelantikan salah satu syarat yang harus diikuti oleh semua pegawai negeri sipil atau ASN. "Tugas kalian sebagai penyuluh tentu sangat berat karena kalian akan bertugas 1x 24 jam, tidak hanya seperti pegawai biasa.karena kalian pejabat fungsional dan bertugas di lapangan," katanya.

Dijelaskan, penyuluh pertanian dimana dari Kementerian pertanian itu tercakup di dalamnya ada sektor perkebunan, ada tanaman pangan dan holtikultura, dan peternakan.

Sekdis Humerus Elmar mengatakan, total pejabat fungsional yang dilantik untuk jabatan fungsional penyuluh pertanian ahli pertama sebanyak 4 orang dan jabatan fungsional penyuluh pertanian pelaksana pemula sebanyak 4 orang. "Jadi totalnya ada 8 jabatan fungsional yang dilantik dan total jumlah penyuluh yang ada di dinas Pertanian ini berjumlah 25 orang," beber Humerus.

Ke depan, tambahnya, paradigma penyuluh ini sudah berubah, kalau dulu penilaian prestasi kinerja penyuluh ini berdasarkan output atau jumlah pelaksanaan pekerjaan mereka di lapangan, tetapi sekarang sudah berubah paradigmanya. "Jadi penyuluh dinilai kinerjanya nanti bukan berdasarkan prestasi kinerja penyuluh, tetapi dari tingkat kesejahteraan petaninya dan setiap penyuluh akan membina kelompok petani di masing-masing wilayah kerjanya," tandasnya. (Trs/Kominfo)

Berita Terbaru