Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Fokus Benahi Drainase

  • Oleh Hendri
  • 08 November 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya fokus untuk membenahi saluran air atau drainase mengingat tingginya curah hujan yang menyebabkan genangan air di permukiman warga. Kondisi ini disebabkan fungsi drainase yang tidak optimal akibat pendangkalan dan tersumbat sampah.

"Infrastruktur menjadi fokus kita terutama soal drainase yang sering tersumbat sehingga menyebabkan genangan air," kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, Selasa, 8 November 2022.

Dia mengatakan dalam hal mencegah terjadinya genangan air ini diperlukan kerja sama yang apik dan kompak dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan dan juga kelurahan untuk memperhatikan kondisi drainase di masin-masing.

"Tidak hanya memperhatikan kondisi drainase saja, akan tetapi saya minta juga OPD, Camat, lurah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan drainase dan tidak membuang sampah pada drainase," ujarnya.

Adapun upaya-upaya yang dilakukan Pemko Palangka Raya sejauh ini untuk mencegah terjadinya genangan air adalah pertama terus melakukan pembangunan dan pembenahan saluran-saluran air.


Kedua Pemko Palangka Raya melalui instansi teknisnya saat ini terus menerus melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan drainase di beberapa titik pemukiman dan jalan poros utama Kota Cantik.

"Saya meminta kepada OPD, Camat dan Lurah agar bisa mengajak masyarakat untuk aktif melakukan kerja bakti membersihkan drainase, jangan membuang sampah di drainase, apabila ada kondisi drainase yang kurang baik bisa dilaporkan melalui aplikasi lapor," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru