Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hampir Seribu Orangutan Menanti Rumah Baru

  • 07 Februari 2016 - 20:03 WIB

Penulis: Koko Sulistyo

Saat ini jumlah orangutan di Pangkalan Bun Orangutan Care Center dan Borneo Orangutan Survival Nyaru Menteng yang menunggu pelepasliaran jumlahnya hampir mencapai seribu.

Balai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) menantang Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyediakan kawasan untuk melepasliarkan orangoutan tersebut. 

Menurut Kepala Balai TNTP Heru Raharjo, pemda jangan hanya bisa memberikan izin pemanfaatan kawasan hutan untuk perusahaan sawit saja. Tetapi juga memberikan kawasan hutan yang masih belum terjamah. Nantinya kawasan itu berguna bagi pelepasliaran ribuan orangutan yang saat ini menunggu rumah baru.

"Di care center saja ada 300 orangutan yang menunggu dilepasliarkan, BOS Nyaru Menteng ada 500 orangutan. Idealnya mereka memang dilepasliarkan di TNTP tetapi tempatnya. Khan satu orangutan wilayah makannya satu kilometer persegi, sementara di TNTP sudah penuh,' ungkap Heru Raharjo, usai kegiatan Gebyar Seni dan Promosi Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Balai TNTP Kumai, Minggu (7/2/2016).

Heru juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan juga pihak swasta untuk bersama-sama melindungi, bukan saja orangutan tetapi juga habitatnya. Kedua elemen ini harus seimbang. Jika hanya orangutan saja yang dilindungi serta dilestarikan tetapi habitatnya justru dirusak akan berbahaya.

"Jadi dua hal tersebut harus sama-sama diperhatikan, selain orangutan juga habitatnya," ujar Heru Raharjo.

Awalnya Tanjung Puting merupakan cagar alam dan suaka margasatwa dengan luas areal mencapai 305.000 hektare. Pada 1982 kawasan ini menjadi taman nasional dengan luas areal  menjadi 415.040 hektare.

Dengan luas wilayah hampir seluas Pulau Bali, Taman Nasional Tanjung Puting menjadi tempat hunian lebih dari 6.000 orangutan. Populasi orangutan ini merupakan terbesar di dunia.

Selain menjadi tempat hunian ribuan orangutan, juga menjadi 'rumah' bagi berbagai jenis primata lainnya seperti monyet ekor panjang, bekantan dan owa-owa, serta 200 jenis burung satwa liar. [m]

Berita Terbaru