Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Peringatai Hari Pahlawan ke-77

  • Oleh Ramadani
  • 10 November 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ke-77. Wakil Bupati Sugianto Panala Putra selaku Inspektur upacara, di halaman kantor bupati setempat, Kamis, 10 November 2022.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam sambutan tertulisnya yang, dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan Hari Pahlawan setiap tahunnya diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali  jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Saat ini kita berada dalam perjuangan besar menaklukan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita,” kata Wakil Bupati membacakan amanat Menteri Sosial RI.

Dikatakannya, pemanasan global yang memicu berbagai bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Selain itu juga, kesiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan.

“Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad menang, sekali merdeka tetap merdeka,” imbuhnya.

Untuk itu, katanya, kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Melakukan  pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

“Tidak mudah memang tapi pasti, karena para pahlawan  kita telah memberikan teladannya,” kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Sugianto Panala Putra juga mengatakan, mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk ditiru, warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman.

Pahlawan jelasnya telah mengajarkan kepada kita, bahwa kita bukan bangsa pecundang. “Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan  akan dihadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Ditambahkannya, dari Aceh hingga Papua kita melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala. Masyarakat dimanapun berada menyuarakan gairah untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti yang luas.

“Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budidaya dan pengelolaan hasil bumi. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan Negara tercinta. Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi pahlawan bangsa di masa depan,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru