Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taty Narang Dorong Masyarakat Pulpis Lebih Produktif

  • Oleh Asprianta
  • 11 November 2022 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang belum lama ini menghadiri pembukaan pelatihan peningkatan ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar hutan tahun 2022 di Kabupaten Pulang Pisau.

Pelatihan yang diberikan pada kegiatan tersebut yakni pelatihan tata boga atau pengolahan makanan bagi masyarakat yang tersebar di 4 desa. Yakni Desa Mentaren 1, Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir dan Desa Pilang, Desa Henda Kecamatan Jabiren Raya.

“Dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan masyarakat di sekitar hutan dapat mengolah hasil bumi yang ada di lokasinya, sehingga bisa menghindari perambahan hutan,” kata Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau itu.

Selanjutnya, kata Taty, masalah ketahanan pangan dengan memanfaatkan hasil di wilayahnya bagi masyarakat, maka nilai dari makanan itu akan meningkat. Baik dari segi kualitas dan keanekaragaman jenis makanan yang disajikan dari bahan yang sama.

Ia juga menjelaskan, masyarakat yang bermukim di sekitar hutan dipengaruhi oleh perubahan ekologi hutan, terutama mereka yang tergantung pada sumber daya hutan.

"Eksistensi kehidupan mereka akan terganggu jika hutan mengalami kerusakan. Sebab, jika hutan rusak berarti mereka kehilangan sumber daya yang mendukung kehidupan mereka,” ucapnya.

Bupati perempuan pertama Pulpis itu juga menyebutkan mereka yang mampu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan ekologi hutan berarti memiliki ketahanan sosial yang memadai. Sebaliknya, ketahanan sosial yang rendah menunjukkan kerentanan mereka terhadap perubahan ekologi hutan.

Di tempat yang sama, Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

"Di mana Kabupaten Pulang Pisau menjadi satu-satunya kabupaten di Kalimantan Tengah untuk melaksanakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau," tambahnya. 

Bupati berpesan kepada seluruh peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Berita Terbaru