Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ASEAN Desak Junta Militer Myanmar Patuhi Konsensus 5 Poin

  • Oleh ANTARA
  • 12 November 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Phnom Penh - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mendesak Junta Militer Myanmar mematuhi dan melaksanakan Konsensus Lima Poin, demikian pernyataan ASEAN pada Jumat 11 November 2022.

“Mengupayakan semua pihak terkait untuk mematuhi dan melaksanakan Konsensus Lima Poin dan agar ASEAN segera melibatkan semua pemangku kepentingan. Keterlibatan akan dilakukan secara fleksibel dan informal, terutama dilakukan oleh Utusan Khusus Ketua ASEAN untuk Myanmar karena netralitas yang melekat pada mandatnya untuk memulihkan perdamaian dan stabilitas di Myanmar sesuai dengan Konsensus Lima Poin,” kata pernyataan yang dikeluarkan setelah para pemimpin regional bertemu di KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Jumat.

ASEAN mengatakan Konsensus Lima Poin akan tetap menjadi acuan sah dan harus dilaksanakan secara keseluruhan.

“Perlu adanya rencana implementasi yang menguraikan indikator-indikator konkret, praktis dan terukur dengan kerangka waktu khusus untuk mendukung Konsensus Lima Poin. Karena itu, harus dikembangkan. Kami menugaskan Menteri Luar Negeri ASEAN untuk mengembangkan rencana implementasi,” demikian pernyataan tinjauan dan keputusan Pemimpin ASEAN tentang penerapan Konsensus Lima Poin.
 

Sambil tidak mengizinkan perwakilan non-politik Myanmar di KTT ASEAN dan Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, para pemimpin ASEAN menugaskan Dewan Koordinasi ASEAN untuk meninjau lebih lanjut representasi Myanmar di pertemuan ASEAN, jika implementasi Konsensus Lima Poin mandek.

“Kami menegaskan kembali bahwa KTT ASEAN adalah badan pengambil keputusan tertinggi dan akan membuat keputusan akhir tentang pelaksanaan Konsensus Lima Poin, termasuk ketika konsensus tidak dapat dicapai, sejalan dengan Piagam ASEAN,” menurut pernyataan ASEAN itu.

Para pemimpin ASEAN Mendesak semua pihak terkait untuk mengurangi ketegangan dan menahan diri sepenuhnya .

“Semua pihak terkait yang mengangkat senjata harus dimintai pertanggungjawaban secara adil dan dikutuk atas tindakan kekerasan. Angkatan Bersenjata Myanmar adalah satu-satunya kekuatan militer terbesar di Myanmar,” demikian pernyataan ASEAN itu.

Pemimpin ASEAN Menyerukan semua pihak di Myanmar untuk memfasilitasi kerja Sekjen ASEAN dan Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan ASEAN (AHA Center ) dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan di Myanmar kepada semua yang membutuhkan tanpa diskriminasi.

Sekretaris Jenderal ASEAN dan AHA Center harus diberdayakan dengan tingkat otonomi tertentu untuk memfasilitasi bantuan kemanusiaan di Myanmar, menurut pernyataan itu.

ASEAN akan memanggil PBB dan mitra eksternal untuk mendukung upaya dalam pelaksanaan Konsensus Lima Poin.

ASEAN akan mempertimbangkan untuk menjajaki pendekatan-pendekatan lain yang dapat mendukung pelaksanaan Konsensus Lima Poin.

“Kami akan meninjau keputusan di atas pada sesi-sesi mendatang kami dan mengamanatkan para Menteri Luar Negeri untuk memantau kemajuan dan melaporkan kepada KTT ASEAN,” demikian pernyataan itu.

ANTARA

Berita Terbaru