Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Motivasi dan Inspirasi Petani Tingkatkan Pertanian

  • Oleh Ramadani
  • 12 November 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Daerah terus menggalakkan peningkatan pertanian di seluruh wilayah Kabupaten Barito Utara, apalagi Bumi Iya Mulik Bengkang Turan kini menjadi wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN). 

Yang tentunya, daerah ini akan menjadi penyangga kebutuhan pangan di IKN dan seluruh wilayah. Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengungkapkan pemerintah daerah secara konsisten memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian. 

"Salah satu contoh di Desa Tumpung Laung yang dijadikan lahan pertanaman padi yang dikerjakan oleh kelompok tani binaan perusahaan tambang PT Mitra Barito milik Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, " terang Syahmiludin, Sabtu 12 November 2022 di Muara Teweh. 

Dia ingin memotivasi dan menginspirasi para petani agar terus meningkatkan pertanian mereka, serta masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan pertanian. 

"Merasa salut dan terharu akan perhatian beliau (bupati) yang terus memotivasi, menginspirasi serta memberi contoh bukti nyata tanpa banyak kata-kata apalagi sekedar publikasi pencitraan bagi kami di Barito Utara, " kata Syahmiludin. 

Komitmen bupati, lanjut dia, agar masyarakat tidak membiarkan lahan-lahan kosong luas terlantar terus disuarakan. Harapannya semua lahan tidur yang potensial tersebut bisa dimanfaatkan agar bisa produktif, sehingga menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan, sumber gizi dan memberikan nilai ekonomis bagi keluarga. 

"Tujuan akhirnya adalah untuk membantu memperbaiki tingkat kesejahteraan dan taraf hidup bagi masyarakat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, " jelasnya. 

Bahkan saat bupati melaksanakan tugas luar daerah dan  dalam situasi apapun selalu saja terus aktif memonitor, mengontrol dan mengendalikan tanggung jawab amanah yang diemban bagi kemajuan pembangunan di segala bidang termasuk sektor pertanian di Barito Utara. (RAMADHANI/B-6) 


TAGS:

Berita Terbaru