Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pondok Pesantren Tempati Posisi Penting Bangun Karakter Bangsa

  • Oleh Hendri
  • 14 November 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, pondok pesantren dalam konteks pendidikan menempati posisi penting dalam pembangunan karakter bangsa.

Hal ini dikarenakan Pondok Pesantren memiliki makna ganda sekaligus, yakni melahirkan generasi Muslim yang memiliki integritas keilmuan dan keislaman tinggi dan menyiapkan kader-kader umat yang kelak akan berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

"Karena dari pondok pesantren akan lahir SDM-SDM unggul dan berkarakter. Pembangunan karakter bangsa dapat dilakukan dengan membentuk kebiasaan baik, yang sangat dipengaruhi oleh keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan," katanya, Senin, 14 November 2022.

Ia mengatakan, pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua dan orisinal di negeri ini. Pondok pesantren juga menawarkan beragam solusi bagi kehidupan bangsa.

Sebelumnya, Fairid meresmikan Pondok Pesantren Jamiatul Amaliyah yang terletak di Jalan Raden Saleh V. Komplek LDII. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan Anggota DPRD, Kepala Kemenag, Ketua DPD LDII, Ketua Yayasan serta dewan Guru Ponpes Jamiatul Amaliyah.

"Semoga keberadaan Pondok Pesantren Jamiatul Amaliyah bisa semakin banyak membawa manfaat. Dari pondok ini saya berharap semakin banyak muncul generasi handal yang bisa menjadi pemimpin umat," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru