Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas Gelar Pelatihan Penyusunan Dokumen RPJMDes

  • Oleh Riska Yulyana
  • 14 November 2022 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar pelatihan penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) pada 41 desa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I tahun 2022 di wilayah Kabupaten Gumas. Pelatihan ini digelar di GPU Damang Batu Kuala Kurun selama dua hari, yakni 14-15 November 2022.

"Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan tim penyusun RPJMDes sesuai dengan ketentuan, meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan desa dalam hal perencanaan pembangunan desa," ujar Ketua Panitia yang juga Sekretaris DPMD Kabupaten Gumas Slamet Kristiawan, Senin, 14 November 2022.

Lanjutnya, kegiatan ini juga untuk melakukan penyelarasan arah pembangunan pedesaan dan kabupaten, dan untuk menciptakan sinergitas dalam gerak langkah penyelenggaraan pemerintahan desa, khususnya dalam penyusunan RPJMDes.

Dia menambahkan, pelatihan diikuti 225 peserta, terdiri dari 10 pejabat terkait perencanaan pembangunan desa, 10 orang pendamping desa, 41 kades terpilih hasil pilkades serentak gelombang I tahun 2022, dan empat orang tim penyusun RPJMDes dari 41 desa sebanyak 164 orang.

"Desa yang mengikuti pelatihan tersebar ini di Kecamatan Sepang, Kurun, Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, Manuhing, Manuhing Raya, Rungan Barat, Rungan, dan Rungan Hulu," tandasnya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta tamu undangan lainnya. (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru