Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

GAWAT: Stok Darah di PMI Kotim Kosong, padahal Butuh 300 - 400 Kantung!

  • 09 Februari 2016 - 13:06 WIB

STOK darah di Palang Merah Indonesia (PMI) UnitDonor Darah Kabupaten Kotim saat ini kosong. Kondisi tersebut cukupmemprihatinkan. Mengingat permintaan darah segar dari pasien rumah sakit sangattinggi.

'Saat ini yang tersedia di kantor kami hanya golonganAB. Itupun sisanya hanya 14 kantong ukuran 350 cc,' kata Humas UDD PMIKabupaten Kotim Seniwantoko, saat ditemui di kantornya, Selasa (9/2/2016).

Kosongnyastok darah telah terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Namun bukan yangpertama kalinya, sebab menurutnya sudah sering terjadi terutama di awal-awal tahun.Akibat kosongnya stok darah di PMI, pasien yang membutuhkan darah terpaksa mencarisendiri pendonor dari keluarga maupun teman.

'Kasihankalau pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah warga dari daerah yang jauh dantidak ada keluarganya di Sampit,' kata dia.

Kalau sepertiitu, biasanya PMI menghubungi sukarelawan ataupun mengarahkan agar keluargapasien datang ke Kompi TNI maupun Polres dengan rujukan dari PMI, untukmembantu mencari pendonor.

MenurutSeniwantoko, perbulan rata-rata dibutuhkan sebanyak 350-400 kantong darah. Minimnyastok di PMI pun diimbangi dengan pasokan darah dari keluarga maupun teman daripasien yang membutuhkan darah.

'Partisipasimasyarakat mendonor darah masih minim, hanya sekitar 60 persen dari totalkebutuhan darah di PMI. Sisanya dari keluarga dan teman pasien,' jelas dia. (RF/*)

Berita Terbaru