Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Ini Ingatkan Masyarakat Waspada Penipuan Melalui Medsos

  • Oleh Donny Damara
  • 15 November 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma mengingatkan kepada masyarakat khususnya di provinsi ini supaya dapat senantiasa waspada terhadap penipuan melalui media sosial (Medsos).

Dia mengatakan, diera perkembangan zaman digitalisasi seperti sekarang ini di mana semua serba mudah diakses begitu marak aksi-aksi penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab melalui medsos.

"Aksi penipuan melalui medsos ini sudah banyak memakan korban, jadi kita harus tetap waspada. Apalagi akun-akun medsos yang kerap dibajak untuk menipu, itu agar diwaspadai jangan sampai mudah percaya," ucapnya, Selasa, 15 November 2022.

Banyaknya aksi penipuan dengan mengatasnamakan keluarga serta pejabat melalui akun yang dibajak membuat masyarakat mudah percaya, sehingga sebelum mempercayai pesan yang disampaikan oknum penipu itu, ada baiknya dicari terlebih dahulu kebenarannya.

"Jangan langsung mudah percaya jika mendapat pesan meminta uang atau mengirim pulsa, cari dulu kebenarannya hubungi keluarga yang bersangkutan benar atau tidaknya. Karena jika mempercayai itu akan merugikan diri sendiri," tuturnya.

Begitu juga dengan oknum-oknum yang menawarkan investasi online, dirinya mengimbau agar masyarakat jangan sampai mudah terjerumus untuk berpartisipasi didalamnya, sebab banyak dari investasi sekarang ini yang illegal atau bodong.

"Banyak sekali jenis penipuan melalui medsos yang harus dapar dihindari. Masyarakat jangan sampai begitu mudah melayani pesan-pesan atau ajakan oknum-oknum itu, tetaplah waspada terutama bagi masyarakat yang minim pengetahuan terhadap masalah tersebut," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru