Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Dewan ini Sebut Wilayah Utara Katingan masih Kekurangan Tenaga Guru

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 November 2022 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Hingga saat ini wilayah Utara atau bagian hulu Kabupaten Katingan disebut masih kekurangan tenaga pendidik atau guru, baik untuk tingkat SD, SMP maupun guru SMA.

Hal ini dikatakan Sugianto, salah seorang anggota DPRD Kabupaten Katingan. Menurutnya, kekurangan guru tersebut harus segera dicarikan solusi oleh pemerintah Kabupaten Katingan.

"Memang selama ini di wilayah Utara itu masih sangat kekuarangan tenaga guru , baik guru kelas, bidang studi bahasa Inggris , mate matika, Ipa dan lainnya, ini di hampir semua desa-desa," kata Sugianto, Rabu, 16 November 2022.

Untuk itu ia berharap jika ada penempatan tenaga pendidik tahun 2023 mendatang kekuarangan guru di wilayah Utara tersebut dapat terpenuhi sesuai denga  kuota. "Jangan seperti yang tahun-tahun sebelumnya, formasinya ada tapi ternyata tidak ada gurunya, sebab saat ikut tes pelamar yang ada tidak lulus passing grade," ujarnya.

Sugianto mengaku hampir semua wilayah kecamatan di bagian Utara Katingan masih kekurangan tenaga pendidik itu. Misaknya Kecamatan Sanaman Mantikei, Marikit, Katingan Hulu, Bukit Raya dan Petak Malai.

Sugianto juga menuturkan bahwa kekurangan guru tersebut juga karena adanya jumlah tenaga pendidik yang ada di wilayah ibukota kecamatan jumlahnya cukup banyak, banyak menumpuk. "Kasihan desa-desa yang sebenarnya muridnya banyak tapi gurunya sedikit, sehingga anak-anak sekolah belajarnya kurang maksimal karen kurangnya jumlah pengajar tersebut," ujarnya.

Diapun berharap adanya rencana seleksi PPPK untuk tenaga guru tahun ini minimal dapat mengakomodir kekurangan guru terutama di wilayah Utara atau hulu Kabupaten Katingan tersebut. (ABDUL GOFUR/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru