Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya Optimalkan Pengelolaan Sampah 3R

  • Oleh Hendri
  • 16 November 2022 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya menggandeng berbagai pihak dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan sampah dengan konsep 3R (Reuse, Reduce dan Recycle).

"Kami sudah melaksanakan forum diskusi bersama pemerhati lingkungan dalam rangka mengoptimalkan konsep 3R pengelolaan sampah," kata Kepala DLH Palangka Raya, Achmad Zaini, Rabu, 16 November 2022.

Melalui forum diskusi yang dilaksanakan sebelumnya, Zaini berharap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan berkelanjutan. Hal ini guna menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah pencemaran akibat sampah yang tidak terkelola degan baik.

"Kerusakan lingkungan dapat terjadi dari sampah yang dibiarkan menumpuk dan tidak diolah. Oleh karena itu diperlukan adanya kesadaran masyarakat untuk tidak menambah kerusakan lingkungan," ungkapnya.

Menurutnya, konsep 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) dapat dijadikan solusi menjaga kelestarian lingkungan dengan cara yang sangat mudah dan murah. Sampah yang diolah dapat dijadikan sebagai pupuk kompos atau bahkan bisa menjadi sumber listrik baru. Penerapan konsep 3R ini dapat diterapkan oleh siapa saja setiap hari.

"Dengan prinsip reduce, maka kita mengurangi pemakaian dari bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan. Caranya adalah mengurangi belanja barang yang tidak terlalu perlu seperti baju baru dan juga aksesoris tambahan," jelasnya.

Sementara konsep Reuse atau memakai kembali barang, salah satunya adalah bisa memberikan barang tersebut kepada yatim piatu atau bisa memberikan kepada sanak famili keluarga yang membutuhkan.

Sedangkan konsep recycle sendiri adalah mendaur ulang sampah menjadi suatu barang baru yang dapat digunakan kembali dan layak fungsi. Caranya adalah bisa mendaur ulang sampah organik di rumah misalnya menjadikan botol minuman menjadi wadah pot tanaman. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru