Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelajar SMAN 1 Palangka Raya Diajarkan Kelola Sampah dengan Bijak

  • Oleh Hendri
  • 16 November 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya mengajarkan pelajar di SMAN 1 agar bijak dalam mengola sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan sampah menjadi sumber penghasil uang.

Kepala DLH Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan, selama ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi volume sampah seperti menggunakan kantong belanja ramah lingkungan dan bank sampah.

"Penanganan pengelolaan sampah saat ini memang menjadi perhatian berbagai pihak. Sehingga memang perlunya sejak dini untuk diajarkan kepada para siswa," katanya, Rabu, 16 November 2022.

Terlebih, setiap individu siswa pasti setiap harinya memproduksi sampah. Setelah adanya ini diharapkan siswa mampu mengolah sampah organik yang mereka produksi setiap harinya secara mandiri.

"Misalnya, sampah organik bisa dijadikan sebagai kompos pupuk organik bagi tanaman. Ilmu ini tentunya penting diajarkan kepada generasi muda supaya bisa memperhatikan lingkungan ke depannya, jangan sampai menjadi agen yang malah merusak lingkungan," ujarnya.

Dia menjelaskan, para siswa juga diajarkan melakukan pemilahan sampah, organik, non organik dan barang berbahaya supaya mudah diingat dan diterapkan mulai dari lingkungan terkecilnya, baik di sekolah mau pun di rumah. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru