Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Palangka Raya Prihatin Masih Banyak Warga Tidak Mampu Belum Masuk DTKS

  • Oleh Hendri
  • 16 November 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Beta Syailendra prihatin dengan masih banyaknya warga tidak mampu yang belum masuk pada data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS.

Dia menyarankan penting juga agar Dinsos menyiapkan jaring pengaman sosial secara memadai. Semua warga tidak mampu harus masuk DTKS dan yang sudah mampu lepas dari keterpurukan datanya diperbaharui.

Menurutnya, masih ada aturan lama yang menghambat penyaluran bantuan bencana, belum maksimalnya relawan pendamping dan belum memadainya jaring pengaman sosial yang masih menjadi pekerjaan rumah.

Politisi PAN ini menyarankan agar Dinsos melakukan pemutakhiran data secara maksimal dan berkala. Selain itu, juga menyarankan agar memperkuat sistem verifikasi dan validasi data penerima bantuan sosial.

“Perkuat sistem verifikasi dan validasi data penerima bantuan sosial, termasuk melibatkan sumber daya masyarakat kompeten dan berintegritas, kemudian segera revisi aturan lama yang menghambat penyaluran bantuan,” katanya, Rabu, 16 November 2022.

Dia juga mengingatkan kepada Dinsos agar meningkatkan kolaborasi dan koordinasi dengan relawan dan instansi terkait. Hal ini guna memastikan semua pembaharuan DTKS dapat disampaikan ke Kementerian secara akurat dan aktual. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru