Bupati Kotabaru Terpilih Dilantik 17 Februari

  • 09 Februari 2016 - 21:31 WIB

PELANTIKAN pasangan calon bupati dan wakil bupati Kotabaru terpilih periode 2016-2021 dijadwalkan berlangsung pada Rabu, 17 Februari 2016.

Sekretariat DPRD Kabupaten Kotabaru Joko Mutiyono mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

Rencananya, pelantikan secara serentak untuk enam kabupaten/kota di Kalsel akan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Kalimantan Selatan di Banjarmasin, ungkapnya, Selasa (10/2/2016).

Dalam pelantikan nanti, Sekretariat DPRD akan mengundang sekitar 100 orang pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Kotabaru.

Usai pelantikan, DPRD Kotabaru juga akan menggelar serah terima jabatan bupati dari penjabat bupati terdahulu kepada bupati terpilih selambat-lambatnya Senin (22/2/2016).

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru, pada Kamis (21/1) menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sayed Jafar Al-Idrus dan Burhanuddin menjadi pemenang pemilu kada Kotabaru yang digelar 9 Desember 2015.

Setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan, akhirnya KPU menetapkan bahwa pasangan Sayed Jafar-Burhanuddin calon terpilih bupati dan wakil bupati Kotabaru, kata Ketua KPU Kotabaru Muhammad Erfan.

Penetapan pasangan terpilih dilakukan setelah ada keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) menerima penarikan kembali keberatan terhadap hasil penghitungan suara oleh pemohon pasangan Muhammad Iqbal Yudiannoor dan Sahiduddin.

Divisi Hukum KPU Kotabaru Akhmad Gapuri menambahkan, pada pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015, pasangan Iqbal Yudiannor dan Sahiduddin dengan nomor 1 memperoleh 44.541 suara, kemudian pasangan nomor urut 2 Rudy Suryana dan Rizky Oktavianor memperoleh 29.462 suara.

Selanjutnya, pasangan nomor urut 3, Sayed Jafar Al Idrus dan Burhanuddin  44.873 suara, pasangan nomor urut 4 Alamsyah dan Risdianto Haleng HB 23.319 suara, pasangan nomor urut 5 Irhami Ridjani dan Syamsul Alam 12.443 suara, serta pasangan nomor urut 6 Alpidri Supian Noor dan Gusti Syafrin Masrin 2.850 suara.

Sementara itu, dari Batulicin, DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna istimewa penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021, Mardani H Maming dan Sudian Noor.

Sidang paripurna penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih merupakan syarat yang harus dilakukan sebelum pasangan calon kepala daerah tersebut dilantik Menteri Dalam Negeri, kata Ketua DPRD Tanah Bumbu Supiasyah. (Ant/B-3)

Berita Terbaru