Bupati Kotabaru Terpilih Dilantik 17 Februari

  • 09 Februari 2016 - 21:31 WIB

PELANTIKAN pasa­ng­an calon bupati dan wakil bupati Kota­ba­ru terpilih pe­riode 2016-2021 dijadwalkan ber­lang­sung pada Rabu, 17 Fe­b­ru­ari 2016.

Sekretariat DPRD Kabupa­ten Kotabaru Joko Mutiyono me­­ngatakan, ber­da­sar­kan informasi yang di­terima pe­­lan­tikan akan dilak­ukan oleh Gu­­bernur Kalimantan Se­­lat­an di Banjarmasin.

“Rencananya, pelantikan se­cara serentak untuk enam ka­bupaten/kota di Kalsel akan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Kaliman­tan Selatan di Banjarmasin,” ung­kapnya, Selasa (10/2/2016).

Dalam pelantikan nanti, Se­kretariat DPRD akan meng­undang sekitar 100 orang pim­pin­an satuan kerja perangkat dae­rah (SKPD) di lingkungan Pem­kab Kotabaru.

Usai pelantikan, DPRD Kot­abaru juga akan menggelar se­rah terima jabatan bupati dari penjabat bupati terdahu­lu kepada bupati terpilih se­lambat-lambatnya Senin (22/2/2016).

Sebelumnya, Komisi Pemi­lih­­an Umum (KPU) Kotabaru, pa­da Kamis (21/1) menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sayed Jafar Al-Idrus dan Burhanuddin menjadi pemenang pemilu kada Kotabaru yang digelar 9 Desember 2015.

“Setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan, akhirnya KPU menetapkan bahwa pasangan Sayed Ja­far-Burhanuddin calon ter­pi­lih bupati dan wakil bu­pati Ko­tabaru,” kata Ketua KPU Kotabaru Muhammad Erfan.

Penetapan pasangan ter­pilih dilakukan setelah ada keputusan Mahkamah Kon­stitusi (MK) menerima pe­na­rikan kembali keberatan ter­hadap hasil penghitung­an suara oleh pemohon pasa­ngan Muhammad Iqbal Yudiannoor dan Sahiduddin.

Divisi Hukum KPU Kotaba­ru Akhmad Gapuri menambahkan, pada pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015, pasangan Iqbal Yudiannor dan Sahiduddin dengan no­mor 1 memperoleh 44.541 sua­ra, kemudian pasangan no­mor urut 2 Rudy Suryana dan Rizky Oktavianor mem­per­­oleh 29.462 suara.

Selanjutnya, pasangan nomor urut 3, Sayed Jafar Al Idrus dan Burhanuddin  44.873 suara, pasangan nomor urut 4 Alamsyah dan Ris­dianto Haleng HB 23.319 suara, pasangan nomor urut 5 Irhami Ridjani dan Syamsul Alam 12.443 suara, serta pa­sangan nomor urut 6 Alpidri Supian Noor dan Gusti Syafrin Masrin 2.850 suara.

Sementara itu, dari Batuli­cin, DPRD Kabupaten Tanah Bum­bu menggelar rapat pari­purna istimewa penetapan pa­sangan calon bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021, Mardani H Ma­ming dan Sudian Noor.

“Sidang paripurna penetap­an calon bupati dan wakil bu­pati terpilih merupakan sya­rat yang harus dilakukan se­belum pasangan calon ke­pa­la daerah tersebut dilantik Menteri Dalam Negeri,” kata Ke­tua DPRD Tanah Bumbu Supiasyah. (Ant/B-3)

Berita Terbaru