Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sempat Terkendala Cuaca, Anggota Pos AL Kumai Evakuasi Nelayan Meninggal saat Melaut

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 November 2022 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walaupun sempat terkendala cuaca dan ombak, personel Pos Angkatan Laut (AL) Kumai akhirnya bisa mengevakuasi nelayan yang meninggal dunia saat berlayar di perairan Laut Jawa.

Komandan Pos (Danpos) AL Kumai Letda (P) Rio Kusuma, Kamis, 17 November 2022 menjelaskan proses evakuasi jenazah nelayan atas nama Riki Horgianto alias Ahok (38 tahun) warga Jalan Jambu RT 8 Desa Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

"Tanggal 16 Nopember 2022 pukul 19.00 WIB, kami menerima laporan dari masyarakat bahwa ada ABK nelayan meninggal dikapal pada saat melaut lantaran sakit. Kemudian anggota Pos AL Kumai melakukan tracking keberadaan kapal, berdasarkan informasi kapal berada di koordinat 03°23'300" S 111°33'900" T sebelah Barat Laut jarak 27,2 NM dr Tanjung Puting," jelas Danpos AL.

Kemudian, menurut Danpos AL, tanggal 17 Nopember 2022 pukul 05.00 WIB anggota Pos AL melaksanakan pencarian dan evakuasi menuju titik koordinat yang ditentukan.

"Namun pukul 09.00 WIB, akibat kendala cuaca dan ombak pencarian kapal dan evakuasi jenazah, melalui radio saya perintahkan anggota untuk sementara waktu melakukan perlindungan. Seluruh personel kemudian berlindung di Teluk Kubu," jelas Danpos AL.

Danpos AL menjelaskan pukul 17.00 wib pencarian kapal dan evakuasi jenazah dilaksanakan kembali dan ditemukan kapal dengan referensi koordinat 2 NM sebelah Selatan buoy hijau selanjutnya pukul 17.50 WIB jenazah dievakuasi ke speed Pos AL Kumai untuk dibawa ke Kumai.

"Pukul 19.35 WIB speedboat tiba didermaga TPI selanjutnya jenazah dibawa ambulance untuk diserahkan kepada pihak keluarga yang berada di makam Tionghoa di Kelurahan Candi untuk dilakukan pemulasaraandan di kremasi. Sekitar pukul 20.00 WIB pencarian dan evakuasi jenazah selesai, kerugian personel nihil, kerugian material nihil, selama kegiatan berjalan aman dan lancar," jelas Danpos AL. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru