Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jaga Etika dan Hindari Anarkisme Ketika Menyampaikan Aspirasi

  • Oleh Donny Damara
  • 18 November 2022 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing menyampaikan pesan kepada siapa saja yang melakukan aksi unjuk rasa agar dapat menjaga etika dan menghindari tindakan anarkisme ketika menyampaikan aspirasi termasuk mahasiswa.

Menurut Duwel, anarkis merupakan salah satu tindakan melanggar hukum yang harus dapat dihindari. Menyampaikan pendapat didepan umum pada dasarnya memang sudah diatur dalam Undang-Undang nomor 9 tahun 1998. Tapi hal itu harus dijalankan dengan tertib tanpa adanya kekerasan.

"Kita patut pelrihatin melihat aksi-aksi unjuk rasa yang kerap anarkis atau menimbulkan kekerasan, saya pikir itu sangat tidak baik dan merugikan, seperti yang terjadi pada unjuk rasa mahasiswa di depan gedung Gubernur Kalteng baru-baru ini," katanya, Jumat, 18 November 2022.

Selain itu, Duwel pun mengingatkan kepada pihak perguruan tinggi atau universitas mulai dari rektor hingga dosen supaya dapat memberikan edukasi kepada para mahasiswa yang hendak melakukan unjuk rasa agar ketika melaksanakan aksi tersebut jangan sampai menimbulkan keributan.

"Karena kalau terjadi gesekan-gesekan atau keributan maupun perbuatan anarkisme tentu itu akan merugikan bagi diri sendiri ataupun dapat mencoreng nama baik universitas. Jadi, sampaikan aspirasi itu dengan damai, baik, dan sopan selalu jaga etika," tuturnya.

Duwel mengatakan, di dalam suatu perguruan tinggi atau universitas pastinya di lingkungan tersebut dihuni oleh para intelektual, maka sangat tidak patut apabila saat menyampaikan aspirasi atau pendapat didepan umum diwarnai dengan tindakan anarkis yang melanggar hukum.

"Aksi anarkis dalam unjuk rasa juga dapat merusak fasilitas umum, padahal itu dibangun menggunakan uang rakyat. Harapan kita sampaikanlah pendapat itu dengan baik dan tetap mengutamakan norma sopan santun sesuai budaya kita di Indonesia khususnya Kalteng," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru