Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Achmad Rasyid Merasa Bangga Food Estate di Kalteng Berhasil

  • Oleh Donny Damara
  • 18 November 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid merasa bangga bahwa program food estate yang ada di Kalteng tepatnya di Kapuas dan Pulang Pisau sampai saat ini pengembangannya menunjukan keberhasilan.

Dia menyebut food estate Kapuas dan Pulang Pisau dengan luas lahan sekitar 165.000 hektare itu telah memberikan dampak positif terhadap sejumlah sektor utamanya pertanian dan khususnya pembangunan infrastruktur di kawasan program tersebut.

"Saya menilai food estate di Kalteng sampai saat ini cukup berhasil. Penilaian ini juga tidak sembarangan karena kami sudah melihat secara langsung perkembangannya kesana. Tentu kita bangga akan hal itu," ujarnya, Jumat, 18 November 2022.

Disampaikannya bahwa, salah satu keberhasilan program food estate di Kalteng yaitu kebutuhan akan beras tercukupi di provinsi ini, bahkan juga provinsi tetangga yaitu Kalsel membeli gabah kering dari Kalteng, yang sebelumnya daerah ini membeli dengan Kalsel.

"Bukan hanya pengembangannya yang berhasil, tapi juga kebutuhan beras di Kalteng tercukupi dari hasil program itu. Dilain hal Kalsel membeli gabah kering dari Kalteng, artinya pertanian Kalteng ada kemajuan sampai saat ini," jelasnya.

Di sisi lain, dirinya mengaku tidak sependapat kalau ada orang yang mengatakan bahwa program food estate di Kalteng ini gagal. Pasalnya, hal itu tidak didasari fakta sebenarnya, sebab Komisi II memiliki data dan bukti bahwa program tersebut sudah memenuhi ekspetasi.

Selain itu juga, ia mengingatkan kepada masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ancaman resesi ekonomi yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2023 mendatang, sebab saat ini Kalteng memiliki lumbung pangan yakni food estate yang tentunya kebutuhan terutama beras tetap bisa terpenuhi.

"Masyarakat Kalteng tidak perlu panik menyambut resesi ekenomi tahun depan. Sebab Kalteng masih memiliki lumbung pangan khususnya beras yang cukup melimpah. Dan kita harap juga seluruh elemen bisa terus mendukung program food estate di Kalteng ini," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru