Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng: Menyampaikan Pendapat Boleh, Tapi Tetap Kedepankan Budaya Sopan Santun

  • Oleh Donny Damara
  • 19 November 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Achmad Rasyid mengatakan, seluruh masyarakat termasuk mahasiswa sah-sah saja dan tidak dilarang ketika menyampaikan pendapatnya di depan umum. Namun, itu harus dilakukan dengan mengedepankan budaya sopan santun.

"Menyampaikan pendapat didepan umum itukan ada undang-undangnya. Tapi, ketika menyampaikan pendapat tersebut harus beretika, mengedepankan norma sopan santun, jangan berbuat hal-hal yang dapat memicu keributan," ucapnya, Sabtu, 19 November 2022.

Dia menjelaskan, budaya sopan santun merupakan ciri khas orang Indonesia khususnya masyarakat di Kalteng. Maka dari itu, ketika ada aksi unjuk rasa dan terdapat keributan atau perilaku anarkis, hal itu tentu dapat merusak budaya tersebut.

"Budaya asli kita inikan cinta damai, artinya kita tidak menyukai keributan. Nah, ini harus bisa dipegang teguh oleh seluruh elemen masyarakat. Jangan sampai ada unjuk rasa sedikit-sedikit ribut, tentu hal ini tidak etis dan melanggar budaya sopan santun itu," tuturnya.

Terlepas dari itu, ia pun berpesan kepada siapa saja yang melakukan aksi unjuk rasa baik itu masyarakat umum, organisasi, maupun mahasiswa agar dalam aspirasi yang disampaikan sertakan juga solusi sebagai acuan pemerintah atau pihak terkait untuk melakukan evaluasi.

"Jangan hanya menyampaikan aspirasi tanpa adanya solusi. Karena solusi itu bisa dijadikan acuan bagi pemerintah melakukan evaluasi. Apalagi mahasiswa, saya pikir mereka ini memiliki pemikiran maju yang punya ide-ide cemerlang, jadi pemikiran itu jadikan solusi, sampaikan ke pemerintah atau pihak terkait," tukasnya.

Legislator Kalteng, Achmad Rasyid mengatakan, seluruh masyarakat termasuk mahasiswa sah-sah saja dan tidak dilarang ketika menyampaikan pendapatnya di depan umum. Namun, itu dilakukan tetap harus mengedepankan budaya sopan santun. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru