Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasar Penyeimbang di Kotim Digelar Hingga ke Desa

  • Oleh Noor Annisa
  • 20 November 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pasar penyeimbang yang rutin digelar Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saat ini digelar hingga ke desa.

Selama ini keberadaan pasar penyeimbang dinilai sangat membantu masyarakat di tengah kondisi perekonomian sekarang.

“Ini sangat membantu sekali, apalagi bahan sembako yang dijual sangat murah karena telah disubsidi oleh Pemprov Kalteng,” ucap Bupati Kotim Halikinnor, Minggu, 20 November 2022.

Halikinnor pun berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, yang telah mengadakan pasar penyeimbang di sejumlah wilayah di Kabupaten Kotim. Apalagi Kotim beberapa waktu belakangan kerap dilanda musibah seperti banjir serta inflasi yang ditandai dengan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok.

Dirinya berharap dengan adanya pasar penyeimbang ini daya beli masyarakat meningkat . Sehingga inflasi di daerah itu terus terkendali.

“Alhamdulillah inflasi tahun ke tahun kita sudah turun dari 7,5 persen menjandi 6,8 persen. Kita berharap dengan daya beli masayarakat meningkat. Serta penularan Covid-19 tidak ada lagi dan perekonomian kita kembali meningkat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Riza Rahmadi mengatakan pihaknya rutin mengadakan pasar penyeimbang di Kotim setiap pekan sekali. Kali ini pasar penyeimbang digelar di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Desa Pelangsian, dan Kecamatan Pulau Hanaut. Pasar penyeimbang menyediakan paket sembako seharga Rp.150 ribu namun dijual hanya Rp.50 ribu setelah disubsidi oleh pemerintah provinsi.

“Hari ini di Kotim mendapat 3.000 paket sembako. Sebanyak 1.500 paket di Desa Pelangsian, dan 1.500 paket di Kecamatan Pulau Hanaut,” jelasnya.

Senada dengan Halikinnor, Riza Rahmadi juga berharap dengan adanya pasar penyeimbang ini inflasi di Kotim khususnya di Kota Sampit menjadi terkendali. Sehingga masyarakat juga akan merasakan dampak baiknya.(NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru