Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Kaya Obat Tradisional

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 November 2022 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Damar Pramusinta menyampaikan Kalteng memiliki SDA yang kaya akan tanaman berkhasiat.

Tanaman tersebut sering digunakan masyarakat sebagai ramuan tradisional, terutama oleh masyarakat lokal etnis suku Dayak.

“Kalteng memiliki hutan yang kaya akan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dan dapat digunakan sebagai bahan baku dalam industri obat,” ucapnya baru baru ini.

Ia mengakui etnis asli suku Dayak di Kalteng memiliki kekayaan akan pengetahuan tradisional dalam hal pengobatan dengan menggunakan berbagai jenis tumbuhan hutan yang ada di sekitarnya.

“Contoh beberapa tanaman yang berkhasiat diantaranya Pasak Bumi (Eurycoma longifolia Jack), Saluang Belum (Luvunga sarmentosa (Bl.) Kurz), Bawang Dayak ((Eleutherine bulbosa (Mill.) Urb),” ucap Damar.

Damar mengingatkan adanya pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, Obat Tradisional yang layak dikonsumsi dan dipasarkan.

 “Obat Tradisional yang telah memenuhi syarat adalah yang dibuat dengan memenuhi  Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik (CPOTB),” tegasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru